Profil Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Sintesis Protein Menggunakan Three-Tier Test

  • Sulangsih Indri Permata
  • Muslimin Ibrahim
  • Sari Kusuma Dewi

Abstract

Profil Miskonsepsi merupakan persentase distribusi siswa paham konsep, tidak paham konsep dan miskonsepsi. Salah satu materi biologi dimana siswa sering mengalami miskonsepsi yaitu pada materi tentang sintesis protein. Materi sintesis protein merupakan materi yang mempelajari mengenai konsep mekanisme tubuh yang abstrak dan rumit sehingga menyulitkan siswa dalam mempelajarinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan profil miskonsepsi yang mencakup persentase siswa yang paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep serta penyebab miskonsepsi pada materi sintesis protein dengan menggunakan three-tier test. Penelitian ini meliputi pembuatan instrumen tes berupa soal three-tier, validasi instrumen oleh para ahli, instrumen pengujian, wawancara siswa, analisis data dengan menggunakan tabel kriteria three tier test dan pembuatan kesimpulan. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2018 dengan menggunakan 38 siswa XII MIA 8 MAN 1 Sidoarjo, guru dan bahan ajar sebagai sasaran penelitian. Analisis data menunjukkan adanya persentase siswa yang paham konsep sebesar 28%, siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 62%, dan siswa yang tidak paham konsep sebesar 11,77%. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa, faktor penyebab miskonsepsi yaitu siswa, buku ajar, guru, dan metode pembelajaran.

Kata Kunci: miskonsepsi, three-tier  test, sintesis protein

 

Published
2018-09-30
Section
Articles
Abstract View: 283
PDF Download: 338