Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Enzim Untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kritis

Authors

  • Melyana Clarisa Pakpahan Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Universitas Negeri Surabaya
  • Sari Kusuma Dewi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p567-578

Abstract

Perkembangan ilmu teknologi khususnya pendidikan memiliki tantangan yang dapat diatasi dengan keterampilan abad ke-21 yang bercirikan 4C. Berfikir kritis merupakan salah satu keterampilan dalam 4C. Hasil penelitian menunjukan bahwa guided inquiry adalah model pembelajaran yang tepat untuk melatih keterampilan berfikir kritis yaitu interpretasi, inferensi, eksplanasi, analisis dan evaluasi. Materi enzim bersifat kompleks sehingga diperlukan adanya praktikum untuk melatih keterampilan berfikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan E-LKPD berbasis guided inquiry yang valid, praktis, dan efektif pada materi enzim untuk melatih keterampilan berfikir kritis peserta didik. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D (define, design, development, dan disseminate). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode validasi, observasi, tes, dan angket respon. Pada E-LKPD, validasi diperoleh dari hasil validasi oleh validator, kepraktisan diperoleh dari pengamatan aktivitas peserta didik selama menggunakan E-LKPD, keefektifan diperoleh dari hasil belajar keterampilan berfikir kritis dan respon peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validitas E-LKPD mendapatkan skor sebesar 96,5% dengan kategori sangat valid. Uji coba kepraktisan dilaksanakan pada 20 peserta didik kelas XII MIPA 4 SMAN 3 Surabaya dan memperoleh skor sebesar 97,3% dengan kategori sangat praktis, serta ketercapaian indikator berfikir kritis memperoleh skor 92,5% dengan kategori sangat baik dan respon peserta didik memperoleh skor sebesar 96% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut maka E-LKPD berbasis guided inquiry pada materi enzim untuk melatih keterampilan berfikir kritis dinyatakan valid, praktis dan efektif sebagai sumber belajar.

Kata Kunci: E-LKPD, guided inquiry, keterampilan berfikir kritis, enzim.  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 524 , PDF Downloads: 522

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>