Pengembangan E-LKPD Interaktif Perubahan Lingkungan Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

  • Salis Zuhroh Sahadah Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p582-593

Keywords:

E-LKPD, Problem Based Learning , Perubahan Lingkungan

Abstract

Abstrak

Kurikulum merdeka belajar menjadi kebijakan terbaru di Indonesia guna terwujudnya proses pembelajaran inovatif yang berfokus pada peserta didik dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Model PBL yang diaplikasikan dalam bentuk e-LKPD dengan materi perubahan lingkungan yang memanfaatkan platform liveworksheet dapat memotivasi peserta didik berpikir secara kritis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan e-LKPD interaktif dengan liveworksheet berbasis Problem Based Learning yang layak untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Metode pengumpulan data dilakukan dengan validasi oleh dosen ahli materi dan media, serta guru biologi SMA untuk mendapatkan data validitas, observasi oleh observer untuk mendapatkan data kepraktisan, pemberian tes dan angket respons untuk mendapatkan data keefektifan. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validitas sebesar 3,77 terkategori sangat valid. Hasil kepraktisan sebesar 94% terkategori sangat praktis. Hasil keefektifan berdasarkan ketuntasan hasil tes sebesar 100%, ketercapaian indikator keterampilan berpikir kritis sebesar 88%, dan respon positif peserta didik terhadap e-LKPD sebesar 97% terkategori sangat efektif. Berdasarkan hasil yang didapatkan e-LKPD dinyatakan layak berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. 2021. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran tematik melalui E-LKPD dengan bantuan aplikasi google meet. Jurnal Basicedu. 5(5), 3393-33989. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339

Agnafia, D. N. 2019. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea, 6(1), 45-53. http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Amalia, D., Zaini, M., & Halang, B. 2022. Kualitas E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) konsep plantae berbasis keterampilan berpikir kritis jenjang SMA. Journal of Mathematics, Science, and Computer Education (JMSCEdu), 2(1), 1-11. https://doi.org/10.26740/jipb.v3n1.p12-20

Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. 2020. Analisis rancangan assesmen kompetensi minimum (AKM) numerasi program merdeka belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. 4(1), 80–90.

Andriyani, N, Hanafi, Safitri, & Hartini, S. 2020. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Live Worksheet untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va. E-prints Pros. Pendidik. Profesi Guru. September, pp. 122–130.

Ariq, M. I., & Fitrihidajati, H. 2021. Validitas E-LKPD ekosistem berbasis saintifik untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA. BioEdu. 10(3), 562-571. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p562-571

Ayirahma, Rintis Mega, & Muchlis. 2023. Pengembangan E-LKPD yang Berfokus pada Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Indonesia. 4(6), 675-683.

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. 2018. Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review. 15(2), 3-11.

Diana, A.W., Hakim, L., & Linda, L. 2021. Pengembangan E-Lkpd Interaktif Hukum Newton Berbasis Mobile Learning Menggunakan Live Worksheets di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 10(2).

Damayanti, J., & Ratnasari, E. 2021. Profil dan Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Bioentrepreneurship untuk Melatihkan Keterampilan Kewirausahaan dalam Era Industri 4.0. Bioedu. 10(3), 530-541.

Facione, P. A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment.

Fakhrurrazi, F. 2018. Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Tafkir. 11(1), 85-98.

Faradiba, Dewi Farokha & Rachmadiarti, Fida. 2020. Kelayakan Teoritis E-Book Interaktif Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. BioEdu. 9(2), 179-185.

Fariana, M. 2017. Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Siswa. Journal of Medives. 1(1), 25-33.

Fitriasari, D. N. M., & Yuliani. 2021. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. BioEdu. 10(3), 510-523.

Hidayanti, Elis, Sariwulan, D., & Siti, Z. 2023. Peranan Model Problem-Based Learning dalam Memperbaiki Kemampuan pemacahan Masalah Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Bandung pada Mteri Perubahan Lingkungan. EduBiologia. 3(2), 122-130.

Indarta, Yose, Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. 2022. Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(2), 3011-3024.

Isma, T.W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 6(1), 155-164.

Istiana, R., Herawati, D., Nadiroh, & Mahendra, P. R. A. 2019. Efektivitas Problem-Based Learning terhadap Keterampilan Argumentasi Mahasiswa tentang Isu Sosiosaintifik Lingkungan. Edusains. 11(2), 286-296.

JK, Adi K.R. & Yuliani. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Inkuiri pada Submateri Fotosintesis untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. BioEdu. 10(3), 663-673.

Junita, I.W. & Yuliani. 2022. Pengembangan e-LKPD Berbasis Etnosains untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains pada Materi Transpor Membran. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 11(2), 356-367

Kurnia, R. F. I. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Fluida Statis Berorientasi Lingkungan Lahan Basah untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMK Isfi Banjarmasin. Skripsi. Universitas Lampung Mangkurat, Banjarmasin. Dipublikasikan.

Maryati, I. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Mosharafa. 7(1), 63-74.

Maulina, R., Nazar, M., & Hanum, L. 2019. Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis masalah pada materi koloid di kelas XI SMAN 5 banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia. 4(4).

Muhammad, R.A. & Ambarwati, R. 2021. Pengembangan E-Book Keanearagaman Hayati sebagai Sumber Belajar dan untuk Melatihkan Literasi Digital Peserta Didik Kelas X SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 10(2), 326-334.

Nismalasari, Santiani, & Rohamdi, M. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. Jurnal EduSains. 4(2), 74 – 94.

Norrazifti, S., & Dian, R. N. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMPN Haruyan. Jurnal Pendidikan Hayati. 5(4), 148-156.

Nurjanah, Sofa, dan Guntur, T. 2022. Pengembangan E-LKPD berbasis problem based learning untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi hereditas manusia. BioEdu. 11(3), 765-774.

Nuzulia, R. U. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Mekanisme Kerja Sistem Saraf untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. 5(6), 46-53.

Prastika, Y. & Masniladevi. 2021. Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies. 4(1).

Pusmenjar, Kemendikbudristek. 2020. Asesmen Nasional: AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Indonesia: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramadhani, R., Hasanuddin, & Asiah, M.D. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Unggul Ali Hasjmy Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi. 1(1), 1-9.

Restianingrum, I., & Isnawati. 2023. The Development of E-LKPD Based on Local Wisdom in Conventional Biotechnology Sub-Materials to Train Student’s Creative Thinking Skills. BioEdu. 12(1), 138-150.

Riduwan. 2013. Dasar-dasar statistika. Alfabeta

Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Risdianto, E. 2019. Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved from https://www.academia.edu/38353914/Analisis_Pendidikan_Indonesia_di_Era_Revolusi_Industri_4.0.pdf.

Rizki, W., Nurmaliah, C., & Sarong, M. A. 2016. Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di MTsN Rukoh Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik. 4(2), 136-142.

Saleh al Darayseh, A. 2020. The Impact of Covid-19 Pandemic on Modes of Teaching Science in UAE Schools. Journal of Education and Practice. 1(20), 110 – 115.

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. 2019. Developing critical-thinking skills through the collaboration of jigsaw model with problem-based learning model. International Journal of Instruction. 12(1), 1077-1094.

Schoenberger-Orgad, M., & Spiller, D. 2014. Critical thinkers and capable practitioners. Journal of Communication Management. 18(3), 210–221.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Supiandi, M. I., & Julung, H. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains. 4(2), 60-64.

Suryaningsih, S, & Riska N. 2021. Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi). 2(7), 1256-1268.

Susiani, Indana, S., & Indah, N. K. 2017. Validitas dan Efektivitas LKS Berbasis Literasi Sains pada Materi Tumbuhan untuk Siswa Kelas X. BioEdu. 6(1), 60-67.

Syamsi, A. N., & Fitrihidajati, H. 2021. Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. BioEdu. 10(2), 397-402.

Tivani, I & Paidi. 2016. Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan. 2(1), 35-45.

Widyaningrum, H. K., Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Novianti, D. E., Saddhono, K., & Supratmi, N. 2020. The use of Edmodo apps in flipped classroom learning. How is the students’ creative thinking ability? Ingenierie Des Systemes d’Information. 25(1), 69–74.

Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zahroh, D. A., & Yuliani. 2021. Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. BioEdu. 10(3), 605-616.

Zulfah, Fauzan, A., & Armiati. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Untuk Materi Matematika Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika. 12(2), 33-46.

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 687 , PDF Downloads: 340

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.