Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Respirasi Seluler untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII

  • Firdatus Sukma Fitri Shiyamsyah Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada pendidikan abad ke-21 terdapat tuntutan kemampuan kemahiran era digital dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga keterampilan literasi digital harus dimiliki oleh peserta didik, sebagai bekal untuk mendapatkan informasi materi yang relevan dan bernilai dari berbagai sumber. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book interaktif respirasi seluler yang valid, praktis dan efektif untuk melatihkan kemampuan literasi digital. Penelitian ini menggunakan model 4D yaitu (Define, Design, Develop, dan Disseminate), tanpa tahap disseminate. Validitas e-book diukur berdasarkan validasi para ahli materi, dan ahli media. Kepraktisan e-book diukur berdasarkan hasil tes keterbacaan. Keefektifan e-book diukur berdasarkan ketuntasan indikator literasi digital, ketuntasan hasil belajar, respon peserta didik dan guru. Penelitian di uji cobakan secara terbatas pada 20 peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 1 Lamongan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book dinyatakan valid dengan hasil skor 3,81. E-book dinyatakan praktis dengan hasil tes keterbacaan yang dikategorikan sebagai level 12 layak digunakan oleh peserta didik kelas XII. E-book dinyatakan efektif dari ketuntasan indikator literasi digital sebesar 93,75%, ketuntasan hasil belajar sebesar 92,35%, respon peserta didik sebesar 98,3% dan guru sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-book yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan kemampuan literasi digital. Intensitas penggunaan e-book mampu melatihkan kemampuan literasi digital, karena e-book yang dikembangkan memfasilitasi peserta didik untuk berlatih keterampilan literasi digital.

 

Kata kunci: Pengembangan, e-book interaktif, literasi digital, respirasi seluler.

Published
2022-02-11
Section
Articles
Abstract Views: 1186
PDF Downloads: 1193