Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Submateri Transpor Membran untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis

  • Rysa Titanika Wati Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan efektivitas dari LKPD berbasis PBL submateri transpor membran untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D terdiri dari define, design, develop, tanpa tahapan disseminate. LKPD yang dikembangkan sebelum diujicobakan akan divalidasi oleh ahli pendidikan dan ahli biologi. LKPD kemudian diujicobakan terbatas pada 16 peserta didik kelas XI SMAN 14 Kota Surabaya. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode validasi, observasi keterlaksanaan, metode angket dan tes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL ini layak, praktis dan efektif untuk menunjang suatu pembelajaran. Validitas LKPD berbasis PBL submateri transpor membran yang dikembangkan mendapat rata-rata skor sebesar 3,82 dengan kategori sangat valid. Keterlaksanaan aktivitas peserta didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 97,1 dan 97,8% unruk LKPD 1 dan 2, dengan kategori sangat praktis. Hal tersebut didukung oleh respon positif peserta didik, hasil tes dan peningkatan indikator keterampilan berpikir kritis peserta didik. Respon positif peserta didik terhadap LKPD berbasis PBL memperoleh persentase 93,1% dengan kategori sangat efektif. Hasil nilai tes dengan skor n-gain rata-rata 0,65 dengan kategori sedang. Peningkatan indikator keterampilan berpikir kritis memperoleh persentase posttest setiap indikator yaitu interpretasi 87,5%, evaluasi 76,56%, inferensi 78,75%, eksplanasi 78,12%, analisis 89,06% dan diperoleh persentase rata-rata keseluruhan 81,99% dengan kategori sangat tinggi.

Kata Kunci: pengembangan, LKPD, berpikir kritis, problem based learning dan transpor membran

Published
2020-05-31
Section
Articles
Abstract View: 229
PDF Download: 256