Analisis Miskonsepsi Materi Enzim Dengan Menggunakan TT-MCTE Terhadap Siswa SMA

  • Anggela Hajar Puspitasari
  • Yuliani Yuliani

Abstract

Analisis miskonsepsi siswa SMA (Sekolah Menengah Atas) pada konsep submateri enzim menggunakan TT-MCTE (Three-Tier Multiple Choice Test Enzyme) bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa dan penyebab dari miskonsepsi yang dialami siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif. Tahap penelitian yaitu dengan mengujikan instrumen TT-MCTE pada siswa SMA yang sebelumnya telah divalidasi ahli, analisis hasil penelitian menggunakan tabel kategori dan kriteria tingkat miskonsepsi, serta penarikan kesimpulan. Sasaran penelitian ini adalah siswa MAN 1 Mojokerto kelas XII MIPA 1 dan kelas XII MIPA 3 sebanyak 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan profil miskonsepsi siswa pada submateri enzim terdiri dari konsep komponen enzim, struktur enzim, sifat dan ciri–ciri enzim, peran enzim dalam metabolisme, mekanisme kompleks enzim, klasifikasi enzim, grafik penurunan energi aktivasi, faktor yang memengaruhi aktivitas enzim, dan jenis inhibitor dengan persentase 11,9% siswa paham konsep, 36% siswa tidak paham konsep, dan 52,1% siswa mengalami miskonsepsi. Faktor penyebab miskonsepsi terdiri dari siswa, buku ajar, guru, media pembelajaran, cara mengajar, dan konteks sehari-hari.

Section
Articles
Abstract Views: 1809
PDF Downloads: 1636