Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Metode Four-Tier Diagnostic Test pada Konsep Respirasi

Authors

  • Alifia Ustadza Islamiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p684-690

Keywords:

Miskonsepsi, Instrumen Tes, Four-Tier Diagnostic Test, Respirasi

Abstract

Miskonsepsi didefinisikan sebagai pemahaman seseorang terhadap konsep yang bertentangan dengan kesepakatan ilmiah dan seringkali susah untuk diubah. Hal tersebut bisa menghalangi peserta didik untuk memahami ide-ide baru karena mereka memiliki pengetahuan awal yang sudah tertanam dalam ingatan sejak lama. Jika terdapat miskonsepsi dalam konsep respirasi maka harus diidentifikasi, jika tidak akan berdampak dalam proses menerima dan memahami konsep berikutnya dikarenakan setiap ilmu biologi saling berkaitan. Identifikasi miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dalam konsep respirasi ini membutuhkan instrumen tes, salah satunya dengan menggunakan four-tier diagnostic test. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen tes miskonsepsi peserta didik pada konsep respirasi. Dalam penelitian ini validitas merupakan penilaian pada kelayakan produk instrumen tes miskonsepsi four-tier diagnostic test oleh dua dosen yaitu ahli dibidang asesmen pendidikan dan ahli materi yang mengisi lembar validitas, serta analisis nilai reliabilitas yang dihitung menggunakan formula Kuder Richardson-20 (KR-20). Uji coba instrumen tes dilakukan pada 35 peserta didik kelas XII MIPA, dengan diperoleh data penelitian berupa persentase validitas dan koefisien reliabilitas instrumen tes masing-masing sebesar 98,43% (sangat valid) dan 1,00 (sangat reliabel). Dengan demikian maka instrumen tes miskonsepsi peserta didik menggunakan metode four-tier diagnostic test ini terbukti valid dan reliabel, sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi terjadinya miskonsepsi dengan akurat pada konsep respirasi di kelas XII.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2012. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, A. N dan Endang Susantini. 2021. Pengembangan Instrumen Four-Tier Test untuk Mendeteksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pembelahan Sel. BioEdu, Vol 10 No.1, 126-134.

Boro, A. M., Okyranida, I. Y., dan Astuti, I. A. 2020. Pengembangan Instrumen Four Tier-Test pada Konsep Usaha dan Energi. Schrӧdinger, 1(2), 137-146.

Fariyani, Q., Rusilowati, A., dan Sugianto. 2015. Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa SMA Kelas X. Journal of Innovative Science Education. 4(2): 41-49.

Firdaus, D. dan Rahayu. Y.S. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Miskonsepsi Menggunakan Four-Tier Multiple-Choice Test Sub Materi Katabolisme Karbohidrat Kelas XII SMA. BioEdu, Vol. 9 No. 2, 131-139.

Hamid, A. 2019. Penyusunan Tes tertulis:(Paper and Pencil Test). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Haryanto, M. P. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.

Ibrahim, Muslimin. 2012. Seri Pembelajaran Inovatif: Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya.

Istighfarin, Laily., Rachmadiarti, Fida., dan Budiono Johanes Djoko. 2015. Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. BioEdu. 4(3): 991-995.

Jihad, dan Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta; Multi Pressindo.

Kurniawati, K. 2021. Analisis Validitas Isi Instrumen Tes Berpikir Kritis IPS Kelas V SD Kota Yogyakarta. Pelita: Jurnal Penelitian dan karya ilmiah. 21 (1): 130-140.

Kusumaningrum, M. E., Roshayanti, F., dan Minarti, I. B. 2019. Pola Karakteristik Ilustrasi Model dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education) (pp. 352-360). Semarang: Prodi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan.

Lestari, Ayu, dan Endang Susantini. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Miskonsepsi Menggunakan Four-Tier Test pada Materi Transpor Membran. BioEdu. 9(3):371–77.

Machsunah, A. A dan Yuliani. 2019. Profil Miskonsepsi Peserta didik pada Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan Menggunakan Three-tier Multiple Choice Diagnostic Test. BioEdu, Vol. 8 No.2, 201-205.

Mardapi, D. 2017. Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta:Parama Publishing.

Ramadhani, R., Hasanuddin., dan Asiah, M.D. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia kelas XI IPA SMA Unggul Ali Hasjmy Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi. Vol.1, No.1, hal. 1-9.

Retnawati, H. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama publishing.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Rusydiana, E., Yuliani., dan Raharjo. 2016. Analisis Butir Tes Pilihan Ganda Dua Tingkat untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. BioEdu. Vol 5 (2): 2302-9528.

Wahyuningasri, N.D dan Ambarwati, R. 2022. Pengembangan Instrumen Tes Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Test dalam Materi Animalia-Invertebrata Kelas X SMA. BioEdu, Vol. 11 No. 3, 679- 690.

Widoyoko, Eko Putra. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, A. R., dan Pramusinto, H. 2020. Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Economic Education Analysis Journal. 9(2): 366-378.

Yusup, F. 2018. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1): 17-23.

Zafitri, R. E., Fitriyanto, S., dan Yahya, F. 2018. Pengembangan Tes Diagnostik untuk Miskonsepsi pada Materi Usaha dan Energi Berbasis Adobe Flash Kelas XI di MA NW Samawa Sumbawa Besar Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Kependidikan, 2(2), 19-34.

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 448 , PDF Downloads: 403

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.