Pengembangan Instrumen Tes Miskonsepsi Menggunakan Four-Tier Test pada Materi Transpor Membran

  • Ayu Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Susantini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Miskonsepsi merupakan seperangkat informasi yang tidak sesuai dengan fakta ilmiah yang harus diperbaiki agar konsep yang salah tidak berulang dan berlanjut pada materi berikutnya. Proses identifikasi miskonsepsi dilakukan menggunakan instrumen tes diagnostik, salah satunya menggunakan Four-Tier Test. Instrumen Four-Tier Test mampu mendeteksi adanya miskonsepsi pada peserta didik karena dapat membedakan antara miskonsepsi, paham konsep dan kurang paham konsep berdasar jawaban dan keyakinan peserta didik dalam menjawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen tes miskonsepsi pada materi Transpor Membran, serta menemukan adanya miskonsepsi yang dialami peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen tes yang mengadaptasi dan memodifikasi model pengembangan instrumen menurut Treagust. Uji coba tes dilakukan pada 31 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Gedangan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas dan koefisien reliabilitas instrumen tes sebesar 96% dan 0,63 sehingga dinyatakan sangat valid dan reliabel. Rata-rata persentase miskonsepsi peserta didik pada materi Transpor Membran sebesar 31%. Miskonsepsi tertinggi terjadi pada konsep perbedaan difusi dan osmosis sebesar 54%.

Kata kunci : Miskonsepsi, Four-Tier Test, Transpor Membran.

Published
2020-09-30
Section
Articles
Abstract View: 1258
PDF Download: 1459