Pengembangan E-Book Interaktif Materi Pewarisan Sifat untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA

  • Ayu Ni'matus Solikah Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Susantini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi virus Corona telah mengubah pola pembelajaran beralih menjadi sistem pembelajaran dari rumah. Walaupun demikian, peserta didik harus tetap mendapatkan pembelajaran yang tepat serta mampu melatih keterampilan berpikir kritis sesuai keterampilan abad 21. Oleh sebab itu, keberadaan E-book yang interaktif sangat diperlukan peserta didik, karena meskipun belajar dari rumah masih dapat memperoleh pembelajaran yang melibatkan peranan peserta didik secara langsung. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan E-book interaktif materi Pewarisan Sifat untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Parameter yang diukur adalah validitas E-book yang dinilai berdasarkan komponen penyajian, isi, dan bahasa oleh ahli media, ahli materi dan satu guru Biologi, dan kepraktisan E-book yang diperoleh dari hasil tes keterbacaan berdasarkan grafik Fry dan respon sepuluh peserta didik kelas XII SMA Labschool Unesa 1. Data yang di peroleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan E-book memperoleh persentase rata-rata skor validitas sebesar 97,25% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan E-book memperoleh rata-rata keterbacaan berada pada level 12 dan menunjukkan respon positif dari peserta didik dengan rata-rata skor sebesar 98,51% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan E-book interaktif materi Pewarisan Sifat untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA dinyatakan sangat valid dan sangat praktis sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: E-book interaktif, keterampilan berpikir kritis, Pewarisan Sifat.

Published
2022-02-11
Section
Articles
Abstract Views: 1009
PDF Downloads: 1058