KELAYAKAN EMPIRIS E-BOOK BERBASIS HOTS PADA MATERI PEMBELAHAN SEL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI KELAS XII SMA/MA
Abstract
Keterampilan berpikir tingkat tinggi penting untuk dimiliki siswa, agar siswa mampu menghadapi persaingan global di era digital. Sistem pendidikan pada kurikulum 2013 telah mengintegrasikan kegiatan pembelajaran berbasis High Order Thinking Skills (HOTS). Salah satu materi Biologi yang dianggap sulit oleh siswa dan menuntut adanya keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu materi pembelahan sel. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu bahan ajar berupa e-book berbasis HOTS pada materi pembelahan sel yang layak secara empiris. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. E-Book yang dikembangkan, diujicobakan secara terbatas pada 15 siswa kelas XII MIA SMAN 1 Porong. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar keterbacaan, lembar tes, serta angket respons siswa maupun guru. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Kelayakan empiris e-book ditinjau berdasarkan hasil uji keterbacaan, keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, respons siswa dan respons guru. Adapun hasil penelitian menujukkan bahwa hasil uji keterbacaan e-book sesuai digunakan oleh siswa kelas XII SMA. E-Book dinyatakan sangat baik untuk melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan persentase ketuntasan indikator sebesar 87.14%. Respons guru dan respons siswa terhadap e-book menunjukkan bahwa e-book sangat praktis dengan persentase secara berurutan yaitu 95.7% dan 95,8%. Berdasarkan hal tersebut, maka e-book dapat dinyatakan layak secara empiris.
Kata kunci: kelayakan empiris e-book; keterampilan berpikir tingkat tinggi; pembelahan sel.