Pengembangan e-LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik

  • Esa Fitriana Khoirun Nisak Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Susantini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kurikulum merdeka belajar adalah kurikulum terbaru yang diterapkan untuk mewujudkan pembelajaran yang bersifat student centered dan mengarah pada pemecahan masalah yang menjadi tuntutan skill pada abad 21. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang cocok diterapkan di kurikulum merdeka belajar. Model PBL yang diimplementasikan dalam bentuk e-LKPD mampu merangsang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran serta menjadi terbiasa memecahkan permasalahan yang ada. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan e-LKPD perubahan lingkungan berbasis PBL yang layak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Metode pengumpulan data dilakukan dengan validasi oleh validator yang terdiri dari dosen ahli materi, ahli media, dan guru biologi SMA untuk mendapatkan data validitas, observasi oleh pengamat untuk mendapatkan data kepraktisan, pemberian angket respons dan pemberian tes untuk mendapatkan data keefektifan. Analisis data melalui analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor validitas sebesar 3,77 dikategorikan sangat valid. Kepraktisan sebesar 95% dikategorikan sangat praktis. Keefektifan berdasarkan ketuntasan hasil pretest-posttest sebesar 100%, ketercapaian indikator kemampuan pemecahan masalah sebesar 90%, dan respons positif peserta didik sebesar 99% terkategori sangat efektif. Berdasarkan hasil yang didapatkan, e-LKPD yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dinyatakan layak.

Published
2023-09-20
Section
Articles
Abstract Views: 375
PDF Downloads: 285