Pengaruh LKPD Berbasis Model Problem Based Learning untuk Melatih Kesadaran Pelestarian Lingkungan Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p747-753Keywords:
Pengaruh, LKPD, Problem Based Learning, Perubahan Lingkungan, Tingkat KesadaranAbstract
Penggunaan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peserta didik akan pelestarian lingkungan. LKPD berbasis PBL menyediakan pertanyaan berdasarkan permasalahan nyata yang memungkinkan peserta didik untuk dapat memecahkan permasalahan mulai dari perumusan masalah hingga rancangan percobaan. Penelitian ini menggunakan Kuasi Eksperimen dengan nonequivalent control grup design, bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan LKPD berbasis Problem Based Learning materi perubahan lingkungan terhadap tingkat kesadaran peserta didik akan pelestarian lingkungan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes (pre-test dan post-test), lembar validasi, lembar observasi, dan lembar angket respon. Hasil penelitian menunjukkan pada kelompok eksperimen dan kontrol memiliki nilai sig < 0,05 dengan masing-masing nilai R2 sebesar 0,354 dan 0,245. Nilai ini memiliki arti bahwa pengaruh penggunaan LKPD berbasis PBL pada kelompok eksperimen sebesar 35,4% dan kelompok kontrol sebesar 24,6%. Hasil penilaian sikap atau self evalution peserta didik akan pelestarian lingkungan pada kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 80% dapat dinyatakan bahwa peserta didik sadar akan pelestarian lingkungan. Pada kelompok kontrol mendapatkan hasil rata-rata sebesar 57% dapat dinyatakan bahwa peserta didik cukup sadar akan pelestarian lingkugan. Dari keseluruhan hasil penelitian ini maka terbukti penggunaan LKPD berbasis Problem Based Learning berpengaruh tehadap tingkat kesadaran peserta didik akan pelestarian lingkungan.
Downloads
References
Fadhil, A. R., & Kuntjoro, S. 2021. Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Sikap Peduli Lingkungan Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Kelas X SMA. Bioedu : Jurnal Unesa, 10(2), 292–301. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Gabriella, D. A., & Sugiarto, A. 2020. Kesadaran dan Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa di Kampus. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 260. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.21061
Hadinah, D. A., Haribowo, R., & Yuliani, E. 2023. Analisis Kualitas Air Menggunakan Metode Indeks Pencemaran, CCME-WQI, dan NSF-WQI di Sungai Surabaya, Jawa Timur. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa Sumber Daya Air, 3(2), 251–260. https://doi.org/10.21776/ub.jtresda.2023.003.02.022
Hermansyah. 2020. Problem Based Learning in Indonesian Learning. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar , 3(3).
Lase, N. K., & Zai, N. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Idanogawo. Jurnal Pendidikan MINDA, 3.
Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272
Maretha, D. E., Warobi, & Asnilawati. 2020. Perubahan Lingkungan.
Margareta, I. R., & Purnomo, T. 2018. Validitas LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Bioedu : Jurnal Unesa, 7(2), 113–118. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Marhamah, I., Yahdi, & Hajaroh, S. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (Vol. 2, Issue 1).
Ma’rifatun. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar dan Environmental LiteracybSiswa Sekolah Adiwiyata dan Non Adiwiyata.
Muslimah. 2020. Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, 3(3), 1471–1479.
Nisak, E. F. K., & Susantini, E. 2023. Pengembangan E-LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Bioedu : Jurnal Unesa, 12(3), 683–694. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Nugroho, M. A. 2022. Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup : Upaya Penanaman Kesadaran Lingkungan. In Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 1, Issue 2). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/ijpgmi
Rahman, M. T., Oktariawan, E. P., Lukmansjah, D., Sunaryedi, S. D., Juarno, Wiyoga, Sakdullah, Endah, D. A., Widiastuti, L. Y., Ibrahim, I., Nugraini, N. R., Zahara, A., Kurniawan, B., Hendratmo, A., & Asiah. 2020. IKLH (Indeks Kualitas Lingkungan Hidup) 2019.
Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. 2020. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Ramadhani, A. N. 2022. Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Critical Thinking pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas VII MTs Al Uswah Bergas.
Rosita. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(4). http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau
Saputra, S., & Kuntjoro, S. 2019. Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Bioedu : Jurnal Unesa, 8(2), 291–297.
Syamsi, A. N., & Fitrihidajati, H. 2021. Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Bioedu : Jurnal Unesa, 10(2), 397–402. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Umbaryati. 2018. Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika.
United Nations. (n.d.). What Is Climate Change? Retrieved July 23, 2024, from https://www.un.org/en/climatechange/what-is-climate-change