Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Numbered Heads Together(NHT) untuk Mengurangi Dominasi Peserta Didik

Authors

  • Sarah Devi Muharromah Universitas Negeri Surabaya
  • Muslimin Ibrahim Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p343-351

Abstract

Dominasi peserta didik tertentu membuat penyerapan konsep materi tidak merata, khususnya bagi peserta didik yang kurang aktif. Panduan dalam kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk mencegah dominasi salah satunya adalah LKPD yang memadukan karakteristik model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Numbered Heads Together (NHT) untuk mengurangi dominasi peserta didik yang valid dan praktis. Kevalidan LKPD berbasis NHT dilakukan dengan metode validasi oleh dua orang dosen yaitu dosen ahli pendidikan dan dosen ahli materi menggunakan instrumen validasi yang berisi aspek isi, pedagogi, bahasa, cover, kesesuaian huruf, dan urutan langkah NHT. Kepraktisan LKPD diukur melalui keterbacaan teks yang ada dalam LKPD dan disesuaikan dengan Grafik Fray serta respon guru melalui metode wawancara terbuka. LKPD berabsis NHT berisi petunjuk peggunaan LKPD, permasalahan yang harus dipecahkan oleh peserta didik, serta kegiatan praktikum dan mejawab pertanyaan yang sesuai dengan karakteristik LKPD. Hasil dari penilaian validasi menyebutkan bahwa LKPD berbasis NHT valid dengan perolehan skor rata-rata aspek isi 3,83; aspek pedagogi 4; aspek bahasa 4; aspek penyajian cover 4; aspek kesesuaian huruf 4; dan aspek urutan langkah NHT 3,83 dengan katagori sangat valid. Hasil Kepraktisan LKPD dengan mengukur keterbacaan teks dalam LKPD yaitu praktis karena sesuai dengan tingkatan kelas peserta didik (kelas 11 SMA) dengan jumlah suku kata 142,4 dan 3,3 kalimat serta respon positif guru terhadap LKPD NHT dengan jawaban sesuai. Dengan dikembangkannya LKPD berbasis NHT maka  dominasi peserta didik tertentu akan berkurang sehingga pemahaman konsep yang dimiliki peserta didik merata. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis NHT valid dan praktis untuk mengurangi dominasi peserta didik tertentu secara teoritis.

Kata Kunci : LKPD, NHT, Dominasi, Peserta Didik, Valid, Praktis dan Efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-25

Issue

Section

Articles
Abstract views: 745 , PDF Downloads: 591

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>