Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X SMA

Authors

  • Ni Made Dinda Arsarini
  • Muslimin Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p233-242

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis scientific approach pada materi pencemaran lingkungan untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan ini mengacu pada model 4-D yakni, (Define, Design, Develop, dan Disseminate), tanpa tahap Disseminate. Uji coba terbatas pada 20 peserta didik kelas X MIPA 1 di SMAN 1 Taman pada bulan Februari 2020. Validitas LKPD diperoleh dari hasil telaah oleh 2 validator yaitu ahli pendidikan biologi, dan ahli biologi. Kepraktisan LKPD ditinjau berdasarkan keterlaksanaan aktivitas dalam LKPD. Keefektifan LKPD ditinjau berdasarkan ketuntasan indikator keterampilan proses. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas LKPD berdasarkan modus kategori hasil penilaian pakar adalah sangat valid. Kepraktisan LKPD berdasarkan indikator keterlaksanaan aktivitas peserta didik yang dirancang dalam LKPD sebesar 95,68% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan LKPD yang ditinjau berdasarkan ketuntasan indikator keterampilan proses sebesar 100% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut, LKPD berbasis scientific approach pada materi pencemaran lingkungan dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA.

Kata Kunci: pengembangan, lembar kegiatan peserta didik, scientific approach, pencemaran lingkungan, keterampilan proses sains

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 227 , PDF Downloads: 8470

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>