Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA pada Materi Tingkat Organisasi Kehidupan

  • Misriyah Misriyah universitas negeri surabaya
  • Muslimin Ibrahim Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD yang valid, dan praktis untuk melatih keterampilan berpikir kiritis siswa SMA kelas X. LKPD yang dikembangkan menggunakan desain penelitian model 4D yaitu define, design, develop, dan dessiminate kecuali tahap dessiminate tidak dilakukan. Data validasi diperoleh melalui proses validasi oleh pakar pendidikan dan materi biologi, sedang kepraktisan ditentukan berdasarkan justifikasi praktisi (guru) melalui angket kepraktisan dengan persentase 76%-85%. Parameter dalam penelitian ini adalah validitas LKPD. Data validasi diolah dengan menentukan kategori validitas setiap butir aspek LKPD yang divalidasi berdasarkan rerata skor yang diberikan oleh validator. Analisis validitas LKPD diukur melalui hasil validasi 2 dosen yaitu ahli pendidikan dan ahli materi. Kesimpulan akhir tentang validitas LKPD ditentukan berdasarkan modus kategori dari semua aspek yang divalidasi. Begitu pula halnya dengan kepraktisan, ditentukan berdasarkan modus pendapat guru terhadap aktivitas di dalam LKPD dan keterbacaan LKPD berdasarkan Grafik Fry. Hasil yang diperoleh LKPD dinyatakan valid dan praktis berdasarkan justifikasi guru dan keterbacaan dengan nilai rata-rata sebesar 85%.

Kata Kunci: berpikir kritis, LKPD, tingkat organisasi kehidupan

Published
2022-02-11
Section
Articles
Abstract Views: 260
PDF Downloads: 280