Keefektifan LKPD pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA/MA

  • Pungky Dinda Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Muslimin Ibrahim Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Telah dikembangkan LKPD pada submateri pencemaran lingkungan untuk melatih keterampilan literasi sains peserta didik kelas X SMA/MA dengan menggunakan rancangan 4-D. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan LKPD tersebut yang diujikan pada 20 peserta didik SMAN 2 Sidoarjo. Kepada peserta sebelum dan sesudah perlakukan dilakukan tes hasil belajar dan pelaksanaan tugas-tugas literasi sains selama pembelajaran. Analisis deskriptif  menunjukkan bahwa pada kedua aspek tersebut, yaitu hasil belajar dan keterampilan literasi menunjukkan bahwa pada pretes semua peserta didik tidak tuntas pencapaian indikator hasil belajar maupun indikator literasi sains, sementara pada posttes 100% peserta didik menunjukkan ketuntasan pencapaian indikator hasil belajar dan literasi sains. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD pada submateri pencemaran lingkungan untuk melatihkan keterampilan literasi sains dinyatakan sangat efektif. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD sebagai sarana melatihkan keterampilan literasi sains terbukti efektif dan mampu memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.  

Kata Kunci : keefektifan Lmbar Kegiatan Peserta Didik, pencemaran lingkungan, keterampilan literasi sains

Published
2020-11-12
Section
Articles
Abstract Views: 289
PDF Downloads: 336