Pengembangan E-Book Berbasis Collaborative Learning pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p77-88Abstract
Abstrak
Tuntutan pada abad ke-21 akan adanya kebutuhan literasi sains sebagai wadah untuk memfasilitasi peserta didik di Indonesia agar bisa bersaing di luar. Melihat tingkat literasi sains siswa di Indonesia yang cukup rendah sehingga menjadi perhatian penuh bagi pemerintah untuk membenahi dan memperbaiki hal tersebut dari dunia pendidikan. Pemilihan e-book yang tepat diharapkan mampu meningkatkan literasi sains peserta didik agar mampu menghadirkan bekal untuk menjawab segala permasalahan yang dihadapi di lingkungan manusia. Penelitian berikut ingin menghasilkan e-book berbasis collaborative learning pada materi keanekaragaman hayati yang layak ditinjau dari kelayakan penyajian, isi, bahasa, dan respon peserta didik. E-book ini didesain dengan menggunakan penelitian 4-D yaitu define, design, develop, dan dessiminate. Lokasi penelitian dikerjakan di jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya dan diujicobakan terbatas kepada 15 peserta didik di SMAN 14 Surabaya. Parameter yang diukur menggunakan analisa metode oleh para ahli yaitu satu dosen ahli materi keanekaragaman hayati, satu dosen ahli pendidkan, dan satu guru biologi. Penelitian ini memakai metode analisis kuantitatif. E-book berbasis collaborative learning pada materi keanekaragaman hayati mempunyai tujuan agar menambah keahlian literasi sains. Kelayakan empiris E-book memperoleh hasil rata-rata persentase 99,27%, sedangkan kelayakan teoritis mendapat presentasi sebesar 98,92%, sehingga bisa dikategorikan sangat layak. E-book mendapat kategori sangat layak, karena aktivitas praktikum dengan kelompok memuat aktivitas sains yang menarik bagi siswa untuk membantu pemahaman dan latihan mereka tentang materi biologi yang diajarkan.
Kata Kunci: E-book, Collaborative Learning, Keanekaragaman Hayati, Literasi Sains