Validitas E-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Pencernaan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p232-239Keywords:
Lembar kerja peserta didik elektronik, Literasi sains, Berpikir kritis, Sistem PencernaanAbstract
Abstrak
Kecakapan berpikir kritis merupakan kompetensi krusial yang diperlukan oleh setiap individu di era globalisasi. Salah satu strategi untuk melatih keterampilan berpikir kritis adalah dengan mengaplikasikan pembelajaran berbasis literasi sains. Materi sistem pencernaan manusia adalah salah satu materi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran berbasis literasi sains. Penerapan literasi sains pada materi sistem pencernaan dipergunakan untuk mempermudah peserta didik memahami keterkaitan sistem pencernaan dengan masalah kontekstual yang didukung oleh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik berbasis liveworksheet. Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan validitas E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi sistem pencernaan manusia. Prosedur pengembangan mempergunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data dikumpulkan dengan mempergunakan metode validasi. Hasil validitas E-LKPD diperoleh persentase sebesar 94% berdasarkan aspek didaktik, konstruksi, teknik, dan kesesuaian langkah pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi sistem pencernaan manusia terkategorikan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: lembar kerja peserta didik elektronik, literasi sains, berpikir kritis, sistem pencernaan.
Abstract
Critical thinking skills were a crucial competency needed by each individual in the era of globalization. One of the strategies to practice critical thinking skills is applying science literacy-based learning. Human digestive system material is one of the materials that can be taught using science literacy-based learning. The application of science literacy to digestive system materials is used to make it easier for students to understand the relationship between the digestive system and contextual problems, which was supported by the use of live worksheets-based Electronic Student Worksheets. The purpose of this study was to decipher the validity of the Electronic Student Worksheets based on science literacy to train critical thinking skills on human digestive system materials. The development procedure used the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. Data were collected using the validation method. The results of the validity of the Electronic Student Worksheets were obtained as a percentage of 94% based on the aspects of didactic, construction, engineering, and the suitability of learning steps. Based on the results of the research that was carried out, the Electronic Student Worksheets developed based on science literacy to train critical thinking skills on human digestive system materials were categorized as valid and suitable for use in learning.
Downloads
References
Abdi, I. N., Syahri, A. A., & Fitriany. 2011. Teori Perkembangan Kognitif Piaget dan Implikasi dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA: Suara Intelektual Gaya Matematika. Vol. 3(1): hal. 15-25.
Amthari, W., Muhammad, D., & Anggereini, E. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Saintifik Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas XI SMA. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 7(3): hal. 28-35.
Azrai, E. P., Suryanda, A., Wulaningsih, R. D., & Sumiyati, U. K. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa SMA di Jakarta Timur. EDUSAINS. Vol. 12(1): hal. 89–97.
Darmodjo, J., & Kaligis. 1993. Pendidikan IPA di Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Dayelma, Y., Octarya, Z., & Refelita, F. 2019. “Hubungan Literasi Sains dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ikatan Kimia”. JEDCHEM: Journal Education and Chemistry. Vol. 1(2): hal.72-78.
Eslinger, M., & Kent, E. 2018. Improving Scientific Literacy through a Sttructured Primary Literature Project. Bioscience. Vol. 44(1).
Exley, B., & Kitson, L. 2020. Supporting meaning-making through sentence structure and punctuation. https://doi.org/10.4324/9781003117834-6.
Facione, P. A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons LLC, Hermosa Beach, CA.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. 2018. Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol. 4(1): hal. 26-40.
Fransiska, D., Yeni, L. F., & Titin. T. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Kingdom Monera. Journal of Biology Learning. Vol. 3(1): hal. 9-17.
Frydenberg, M., & Andone, D. 2011. Learning for 21 st Century Skills. Hal. 314-318.
Guswita, R. 2021. Pengembangan Buku Ajar Digital Bahasa Indonesia Berbasis Hots untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Basicedu. Vol. 5(5): hal. 4340-4351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1496.
Hikmawati, V. Y., & Taufik, L. M. 2017. Urgensi Strategi Membaca pada Pembelajaran Biologi Masa Depan. Jurnal Bio Education. Vol. 2(2): hal. 40-48.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. 2022. Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 4(2): hal. 3011-3024.
Jurnaidi., & Zulkardi. 2014. Pengembangan Soal Model PISA pada Konten Change and Relationship untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7(2): hal. 37-54.
Khikmah, N. L., & Susantini, E. 2019. Kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Literasi Sains pada Materi Sistem Pencernaan untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 8(3): hal. 112-119.
Kosasih. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Laksono, K., Retnaningdyah, P., Khamim., Purwaning, N., Sulastri., & Norprigawati. 2018. Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Edisi II. Jakarta: Satgas GLS Ditjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Magdalena, M., Putra, A. P., & A. Winarti. 2021. The Practicality of E-LKPD Materials on Environmental Pollution to Practice Critical Thinking. BIO-INOVED: Jurnal Biologi Inovasi Pendidikan. Vol. 3(3): hal. 210-215.
Ningsih, T. W., & Utami, N. R. 2022. Development of Guided Discovery Learning Oriented E-LKPD. Journal of Biology Education. Vol. 11(3): hal. 329-349.
Purnamasari, U. A., Ariffudin, M., & Hartini, S. 2018. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol. 6(1): hal. 15-30.
Rahayuni, G. 2016. Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. JPPI: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. Vol. 2(2): hal. 131–146.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Septikasari, R. 2018. Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad. Vol. VIII(2): hal. 112-122.
Shangguan, C., Wang, Z., Gong, S., & Guo, Y.2020. The Influence of Multimedia Design on Middle School Students' Learning. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.03065.
Silalahi, D., Herman, H., Sihombing, P., Damanik, A., & Purba, L. (2022). An Analysis of Students’ Achievement in Reading Comprehension through Higher Order Thinking Skills (HOTS). AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1249.
Sinatra, Y. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Inkuiri Pokok Bahasan Energi dan Perubahannya. Jurnal Teknik. Vol. 2(1): hal. 1-7.
Sumantri, B. A. 2019. Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam. Vol. 18(1): hal. 27-50.
Surwuy, G. S., Martin. A., Nurvicalesti. N., Octaviani. D., Laka. L., Iman. A., Yulianti. R., Nasar. A., Aryani. D., Mardiana., Larekeng. S. H., & Hilir. A. 2023. Pengembangan Bahan Ajar. Sumatera: Mifandi Mandiri Digital.
Widianingrum, N., & Ducha, N. 2023. Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Gerak Kelas XI SMA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 12(2): hal. 311-320.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. 2021. Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Japendi: Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2(7): hal. 1256-1268.
Yuliati, Y. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 3(2): hal. 21-28.
Zahroh, D. A., & Yuliani. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 10(3): hal. 605-616.

