Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Gerak Kelas XI SMA

  • Nurul Widianingrum Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Ducha Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kemajuan zaman menuntut kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Saat ini mulai memasuki era abad ke-21 dimana berbagai macam keterampilan harus dimiliki oleh peserta didik. Salah satu keterampilan yang harus di miliki  peserta didik adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan ini digunakan untuk menalar dan menganalisis suatu permasalahan yang terjadi di sekitarnya. Materi sistem gerak sub materi rangka bersifat kompleks dan abstrak. Keterampilan berpikir kritis dapat dicapai melalui sumber belajar Elektronik Lembar Kerja Peserta didik (E-LKPD) berbasis literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD yang valid dan praktis. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementtation, Evaluation). Parameter yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa validasi dan angket. Uji validitas diperoleh melalui validasi yang dilakukan oleh pakar, kepraktisan diperoleh dari hasil respon positif peserta didik. Uji coba dilakukan secara terbatas pada 15 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gresik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai validitas E-LKPD sebesar 96,03% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan E-LKPD diukur berdasarkan hasil respon peserta didik dengan perolehan skor 93,37 % dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan uraian tersebut, maka E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dapat disimpulkan valid dan praktis untuk diterapkan kepada peserta didik.

Kata kunci: E-LKPD,literasi sains, berpikir kritis,model pengembangan ADDIE,sistem gerak.

Published
2023-05-05
Section
Articles
Abstract Views: 270
PDF Downloads: 369