Validitas dan Keefektifan Buku Saku Berbasis Literasi Sains Materi Sistem Reproduksi untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Penguasaan Literasi Sains dan Pemahaman Konsep Kelas XI IPA SMA

  • Rafida Kundi Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Ducha Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Buku Saku Berbasis Literasi Sains yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa, terutama dalam memahami materi tentang sistem reproduksi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Parameter dalam penelitian ini validasi, dan tes. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan, materi, dan media. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya kelas XI MIPA. Data keefektifan diperoleh dari hasil pencapaian keterampilan literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan validitas Buku Saku 91% dengan kategori sangat valid dan keefektifan dari ketuntasan hasil belajar siswa mendapatkan skor 100% dengan kategori sangat efektif dan ketercapaian indikator literasi sains materi sistem reproduksi 87% dengan kategori sangat efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Buku Saku Berbasis Literasi Sains untuk meningkatkan penguasaan literasi sains siswa dapat disimpulkan valid, praktis, dan efektif diterapkan kepada siswa.

Kata Kunci: Pengembangan buku saku, literasi sains, materi sistem reproduksi, model 4D

Published
2024-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 42