Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Literasi Siswa SMA Kelas XI pada Materi Sistem Ekskresi
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p98-109Keywords:
instrumen penilaian, literasi sains, materi sistem ekskresiAbstract
Pendidikan sains abad ini bertujuan mempersiapkan siswa menggunakan pemahaman ilmiah untuk mengatasi masalah kontekstual melalui literasi sains. Untuk melatih dan mengukur kemampuan literasi sains, diperlukan pengembangan instrumen penilaian yang selaras dengan kemampuan yang diperlukan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen penilaian yang layak digunakan berdasarkan validitas teoritis dan empiris instrumen penilaian literasi sains pada materi sistem ekskresi, serta mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains siswa. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate). Validitas teoritis dilakukan oleh dosen ahli, berdasarkan aspek materi, konstruksi, serta bahasa. Validitas empiris dianalisis dari hasil uji coba di kelas XI-2 SMA Labschool Unesa 1 secara terbatas yang mencakup validitas empiris butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran, serta daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan validitas teoritis sebesar 96,5% dengan interpretasi sangat valid, validitas empiris butir soal diperoleh 18 soal valid serta 2 soal tidak valid. Instrumen penilaian terbukti reliabel dengan rata-rata skor 0,71. Tingkat kesukaran soal objektif mencakup 1 soal mudah, 7 soal sedang, dan 1 soal sulit, sedangkan soal subjektif, 10 soal sedang dan 1 soal sulit. Daya pembeda soal objektif menunjukkan 3 soal kurang dan 6 soal cukup, sedangkan soal subjektif, 4 soal kurang, 6 soal cukup, dan 1 soal baik. Profil literasi sains siswa menunjukkan sebanyak 5 siswa berada di kategori tinggi, 18 siswa sedang, dan 7 siswa rendah. Kesimpulan penelitian ini yakni instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa SMA kelas XI pada materi sistem ekskresi valid secara teoritis dan empiris dalam mengukur kemampuan literasi sains siswa.
Downloads
References
Afina, D.R., Hayati, M.N. and Fatkhurrohman, M.A., 2021. Profil Capaian Kompetensi Literasi Sains Siswa SMP Negeri Kota Tegal Menggunakan PISA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), pp.10-21.
Arifin, Z. 2019. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi 3). Jakarta: Bumi Aksara.
Chasanah, N., Widodo, W. and Suprapto, N., 2022. Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains untuk Mendeskripsikan Profil Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), pp.474-483.
Daniah, D., 2020. Pentingnya Inkuiri Ilmiah pada Praktikum dalam Pembelajaran IPA untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), pp.144-153
Fadillah, E. N. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 123-134.
Febianti, D., Mirandah, S., Aulia, A., Pratiwi, S., Putri, R.I.I., Simarmata, R.H. and Nuraeni, Z., 2021. Kemampuan Menyelesaikan Soal Open-Ended Materi Segiempat bagi Calon Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), pp.26-33.
Fidia, F., and Puspitawati, R.P., 2022. Pengembangan Instrumen Soal Higher Order Thinking Skills (HOTs) Materi Jaringan dan Organ pada Tumbuhan Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), pp.745-754.
Fuadi, H., Robbia, A.Z., Jamaluddin, J. and Jufri, A.W., 2020. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), pp.108-116.
Hadiprayitno, G., Muhlis., dan Artayasa, I.P. 2020. Pendampingan Guru Biologi dalam Penyusunan Instrumen Penilaian Berorientasi HOTS di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 3(2), pp.143-148.
Hartanto, Rudi. 2014. Pengembangan Instrumen Assesmen untuk Menilai Materi Ekologi Berbasis Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Surabaya: FMIPA Unesa.
Hidayani, S., Jamaluddin, J., Ramdani, A. 2021. Pemanfaatan Hasil Pengembangan Instrumen untuk Penilaian Literasi Sains Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 2 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), pp.73-77.
Husna, N., Nurmila, N. and Rochman, C., 2023. Analysis of The Final School Test Question Instrument for Islamic Religious Education and Ethics. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), pp.168-180.
Indri, I.L., 2023. Pengaruh Metode Praktikum dengan Assesmen Kinerja terhadap Keterempilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah pada MateriI Mikrobiologi di SMK SMTI Bandar Lampung. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Irwan, A.P., Usman, & Amin, B. D. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika di SMAN 2 Bulukumba. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 15(3), pp.17-24.
Johari, J., Sahari, J., Wahab, D. A., Abdullah, S., Abdullah, S., Omar, M. Z., & Muhamad, N. (2011). Difficulty Index of Examinations and Their Relation to the Achievement of Programme Outcomes. Procedia-Social and Behavioral Sciences,18, pp.71- 80.
Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. 2020. Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. EDISI, 2(1), pp.132-139.
Ndiung, S. and Jediut, M., 2020. Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berorientasi pada Berpikir Tingkat Tinggi”. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), pp.94-107.
Nufus, S. H., Gani, A., & Suhendrayatna, S. (2017). “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Kimia SMA”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), pp.44–51.
Nuraisyah, A.S., 2023. “Korelasi antara Kesiapan Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Korelasional Di Kelas X MIPA Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)”. (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Nurfadillah, T. and Elvia, R., 2023. “Pengembangan Instrumen Tes Kimia Berbasis Literasi Sains untuk Mengukur Literasi Sains Siswa”. ALOTROP, 7(1), pp.44-56.
Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I. and Hadi, W.P., 2022. “Hubungan Antara Validitas Item dengan Daya Pembeda dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda”. Natural Science Education Research (NSER), 4(3), pp.249-257.
Nurlia., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, M.A. 2017. “Hubungan Antara Gaya Belajar dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa”. Jurnal Pendidikan Biologi.6(2), pp.321-328.
OECD. 2019. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.
OECD. 2023. PISA Assesment 2022 and Analytical Framework. Paris : OECD Publishing.
Putranta, H., & Supahar, S. 2019. “Development of Physics-Tier Tests (PysTT) to Measure Students' Conceptual Understanding and Creative Thinking Skills: A Qualitative Synthesis”. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), pp.747-775.
Putri, O. D., Nevrita, N., & Hindrasti, N. E. K. 2019. “Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Sistem Pencernaan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), pp.14-27.
Rahmadani, F., Setiadi, D., Yamin, M. and Kusmiyati, K., 2022. Analisis Kemampuan Literasi Sains Biologi Peserta Didik SMA Kelas X di SMAN 1 Kuripan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), pp.2726-2731.
Sa’adah, R. N. 2021. Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif. CV Literasi Nusantara Abadi.
Safitri, I., Lestarani, D., Imtikhanah, R.D.N.W., Akbarini, N.R., Sari, M.W., Fitrah, M. and Hapsan, A., 2024. Teori Pengukuran dan Evaluasi. CV. Ruang Tentor.
Sari, N., & Yogica, R. 2021. Multimedia Interaktif Bermuatan Game Tebak Kata tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), pp.357-363.
Setiawan, A. R. 2019. Menyusun Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Topik Lingkungan Berorientasi Literasi Saintifik. In Seminar Nasional Fisika, 1(1), pp. 7-14).
Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Sutrisna, N., 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), pp.2683-2694.
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Peneltian. Bandung: Alfabeta.
Rosidi, I., 2021. Profil Literasi Sains Aspek Kompetensi Siswa Pondok Pesantren di Masa Pandemi dengan Menggunakan Penilaian Berbasis Digital. Natural Science Education Research (NSER), 4(1), pp.1-9.
Rovita, C.A., 2020. Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Two Tier Multiple Choice Menggunakan Ispring Suite 9”. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Tulaiya, W. 2020. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA/MA di Kabupaten Sumenep. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), pp.417-42.

