Profil dan Validitas Instrumen Penilaian Autentik pada Materi Sel
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p1-9Abstract
Penilaian autentik yaitu proses penilaian secara utuh yang dapat menilai kesiapan peserta didik, proses dan hasil belajar. Pembelajaran pada materi sel dapat lebih bermakna dengan menggunakan penilaian autentik karena penilaian autentik tidak hanya menilai pengetahuan tetapi juga menilai sikap dan keterampilan peserta didik. Namun, instrumen penilaian autentik sebagian besar belum dikembangkan dan diimplementasikan dibeberapa jenjang pendidikan. Kondisi tersebut bertentangan dengan tuntutan penilaian pada kurikulum 2013 yang menuntut semua aspek kompetensi peserta didik diukur dalam penilaian. Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen penilaian autentik materi sel yang valid. Pengembangan instrumen penilaian autentik menggunakan model R&D dengan 6 tahapan yaitu melakukan pengamatan potensi dan masalah, mengumpulkan informasi untuk merancang instrumen penilaian, mendesain produk instrumen penilaian disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013, validasi desain dengan cara validator memberikan saran terhadap instrumen penilaian yang telah dikembangkan, merevisi desain produk sesuai saran validator dan uji coba terbatas. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap revisi desain produk tanpa melakukan uji coba terbatas karena adanya pandemi covid-19. Kelayakan instrumen penilaian didapatkan dengan metode validasi oleh 3 validator. Instrumen penilaian autentik yang dihasilkan layak ditinjau dari aspek ranah isi sebesar 3,71, kontruksi sebesar 3,93 dan bahasa sebesar 3,83 sehingga rata-rata keseluruhan sebesar 3,82 dengan kategori sangat valid. Penelitian ini menghasilkan instrumen penilaian autentik materi sel masing-masing disertai petunjuk penggunaan meliputi penilaian diri sikap spritual, penilaian sikap sosial oleh guru, penilaian pengetahuan beserta kisi-kisi dan kunci jawaban, penilaian keterampilan proses dan kunci jawaban serta keterampilan kinerja laporan praktikum yang berguna untuk mengukur sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik.
Kata Kunci: instrumen, autentik, kurikulum 2013, sel.