Profil Miskonsepsi pada Submateri Struktur dan Fungsi Sel Menggunakan Four Tier Test

Authors

  • Yeni Nur Afifah Universitas Negeri Surabaya
  • Mahanani Tri Asri Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n3.p390-396

Abstract

Miskonsepsi adalah perbedaan konsep yang dimiliki siswa dengan konsep yang telah disepakati oleh para ahli. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan profil miskonsepsi pada submateri struktur dan fungsi sel (2) Mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada submateri struktur dan fungsi sel. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif menggunakan tes diagnostik Four tier test dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu 70 siswa kelas XI MIPA MAN 1 Mojokerto dan guru biologi. Dari keseluruhan data memberikan hasil bahwa nilai rata-rata miskonsepsi pada submateri struktur dan fungsi sel sebesar 48,6%, paham konsep sebesar 15,2% dan belum paham konsep sebesar 36,2%. Faktor penyebab miskonsepsi dapat dibedakan menjadi 6 faktor, yaitu pengetahuan siswa, guru, buku teks, media pembelajaran, cara mengajar dan konteks. 

Kata kunci: Miskonsepsi, Struktur dan fungsi sel, Four tier test

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 7348 , PDF Downloads: 16736

Most read articles by the same author(s)