Pengembangan E-LKPD Interaktif untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Peserta Didik Kelas X SMA pada Materi Virus

Authors

  • Amelia Angelina Simamora Universitas Negeri Surabaya
  • Mahanani Tri Asri

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n2.p339-355

Abstract

Abstrak

Pandemi mengakibatkan beberapa aspek kehidupan harus beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi, salah satunya pada proses pembelajaran. Penggunaan teknologi pada pembelajaran tentunya membutuhkan keterampilan literasi digital yang baik, dengan harapan peserta didik dapat bersikap bijak dalam mengambil dan menanggapi suatu informasi yang didapatkan. Keterampilan literasi digital memiliki kedudukan yang sama pentingnya dengan keterampilan lain, akan tetapi hasil data PISA 2022 dan hasil survei OECD mengatakan bahwa Indonesia memiliki skor relatif rendah dibidang literasi, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini, salah satunya yaitu E-LKPD interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD interaktif untuk melatihkan kemampuan literasi digital peserta didik pada materi virus yang valid, efektif, dan praktis ditinjau dari empat indikator yang digunakan, yaitu searching, hypertextual navigation, content evaluation dan knowledge assembly dengan menggunakan model 4D. Metode yang digunakan yaitu validasi, tes, observasi dan angket respon. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan hasil validitas sebesar 96,99% (sangat valid), keefektifitasan dari ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 100% dengan skor N-Gain sebesar 0,5 (kategori sedang) dan angket respon positif sebesar 97,61% (sangat baik), serta hasil kepraktisan dari observasi aktivitas peserta didik dengan persentase sebesar 92,5% (E-LKPD 1) dan 93,3% (E-LKPD 2) dengan kategori keduanya sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, E-LKPD interaktif yang dikembangkan dapat dikatakan valid, efektif dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: E-LKPD interaktif, virus, literasi digital, hasil belajar, keterampilan literasi.

  

Abstract

The pandemic has caused several aspects of life to adapt to the use of technology, one of which is the learning process.. The use of technology in learning certainly requires good digital literacy skills, so that students can make informed decision about how to taking and responding the information obtained. Digital literacy skill has the same important position as other skills, but the results of the PISA 2022 data and OECD survey, Indonesia has a relatively low score in the field of literacy. Thus, learning media is needed in accordance with current technological advances, one of which is interactive E-LKPD. This study aims to produce interactive E-LKPD to train students' digital literacy skills on virus material that is valid, effective, and practical in terms of the four indicators used, namely searching, hypertextual navigation, content evaluation and knowledge assembly using the 4D model. The methods used are validation, tests, observation and questionnaire responses. Data were analyzed using quantitative descriptive techniques with validity results of 96.99% (very valid), the effectiviness of the completeness of student learning outcomes of 100% with an N-Gain score of 0.5 (medium category) and positive response questionnaires was 97.61% (very good), as well as the results of practicality from observing student activities with a percentage of 92.5% (E-LKPD 1) and 93.3% (E-LKPD 2) with both categories being very good. Based on the results, interactive E-LKPD developed can be said to be valid, effective and practical for use in learning.

Keywords: interactive E-LKPD, virus, digital literacy, learning outcomes, literacy skills.  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 373 , PDF Downloads: 393

Most read articles by the same author(s)