PROFILxMISKONSEPSIxSISWA DENGAN MENGGUNAKAN THREE-TIER TEST PADA MATERIxSISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XIxSMA

  • Yeni Kurnia Sari
  • Nur Ducha

Abstract

Miskonsepsi dapat menjadi penghalang dalam memahamixmateri dan dapat menimbulkan kesalahpahaman dalam proses pembelajaran. Karakteristik materi sistem reproduksi manusia yaitu melibatkan proses-proses yang terjadi di dalam tubuh dan tidak dapat di indra secara langsung serta banyak istilah yang sulit dipahami sehingga dapat memicu kesulitan belajar siswa. Penelitian inixbertujuan untukxmendeskripsikan profil miskonsepsixsiswa SMA kelas XI di SMAxNegeri 1 Sidayu pada materi sistem reproduksi manusia. Jenis penelitianxyang digunakanxadalah penelitianxdeskriptif evaluatif. Metode dalam penelitianxini menggunakanxthree-tier test. Instrumenxthree-tier test inixterdiri dari tigaxtingkatan. Tingkat pertama berupaxsoal pilihan gandaxbiasa, tingkat kedua berupaxpilihan alasan dan tingkat ketigaxadalah tingkat keyakinan siswaxberdasarkan jawaban yang diberikan. Penelitian ini melibatkan 50 siswa dari kelasxXI MIPA-1 dan XIxMIPA-2 di SMA Negeri 1 Sidayu. Hasil penelitianxmenunjukkanxbahwa siswa mengalami miskonsepsi sebesar 52,58%. Penyebab miskonsepsi yang terjadi dari siswa itu sendiri.

Kata Kunci: Miskonsepsi, Three-tier Test, Sistem Reproduksi Manusia.

Published
2018-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 150
PDF Downloads: 366