Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Sistem Ekskresi
-
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p553-562Keywords:
Literasi sains, sistem ekskresi, berpikir kritis, E-LKPDAbstract
Abstrak
Kurikulum Merdeka bertujuan menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan peserta didik agar lebih optimal dalam memahami konsep dan menguatkan kompetensi, seperti keterampilan berpikir kritis melalui literasi sains. Dalam pembelajaran biologi, literasi sains melatih peserta didik berpikir kritis untuk memahami fenomena alam dan memecahkan masalah, salah satunya melalui materi Sistem Ekskresi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD Literasi Sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI pada materi Sistem Ekskresi yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). E-LKPD yang dikembangkan dilakukan uji coba terbatas pada 35 peserta didik. Validitas E-LKPD diperoleh dari validasi para ahli dan guru biologi menggunakan lembar instrumen validasi, kepraktisan E-LKPD diperoleh dari observasi keterlaksanaan aktivitas peserta didik dan respon peserta didik. Keefektifan E-LKPD diperoleh dari hasil belajar dan ketercapaian indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor kelayakan isi 96,51%, penyajian 97,58%, dan kebahasaan 95,31%. Kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan aktivitas peserta didik sebesar 97,5% dan respons peserta didik sebesar 98%. Keefektifan E-LKPD berdasarkan ketuntasan klasikal sebesar 88,50% dan ketercapaian indikator keterampilan berpikir kritis, mendapatkan nilai N-gain sebesar 0,74 (tinggi). Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa E-LKPD valid, praktis, dan efektif, sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: E-LKPD, Literasi Sains, Sistem Ekskresi, Berpikir Kritis
Downloads
References
Andriyani, N., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va Sd Negeri Nogopuro.
Baadilla, I., & Rifada Robitha Silmi Kaaffah, Dan. (N.D.). Kesesuaian Materi Pada Buku Teks Cerdas Berbahasa Indonesia Untuk Sma/Ma Kelas X Dengan Kurikulum 2013. 01(2), 11–19
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan praktikum dalam meningkatkan keterampilan proses dan kerja peserta didik di laboratorium IPA. Edugama, 6(1), 26-37.
Dafrita, Ivan Eldes.(2017) Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis Dalam Menemukan Konsep Keanekaragaman Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. 6(1):32-46.
Dianti, S. A. T., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023, July). Penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan stem terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Facione, P. (2015). Critical Thinking: What It Is And Why It Counts.
Fadilah, A. D., Adinda, N. T., & Rahman, I. F. (2024). Mewujudkan Pendidikan Inklusif Dan Berkelanjutan Dengan Literasi Digital: Peran Teknologi Di Era Sdgs 2030. Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, ., 1(5), 106–121.
Fatmawati, A., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Sutopo. (2019). Critical Thinking, Creative Thinking, And Learning Achievement: How They Are Related. Journal Of Physics: Conference Series, 1417(1).
Herie, S., Khoiri, A., Surani, D., Agnes, Amega, N., & Umalihayati. 2023. Teori Belajar Dalam Pembelajaran. Batam: Yayasan Cendikia Mulya Mandiri (YCMM)
Hermawan, I. 2019. Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi dan Metodologi. Kuningan: Hidayatul Quran
Hidayati, A. R., Fadly, W., & Ekapti, R. F. 2021. Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA materi bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34-48
Istiarsono, Z. (2019). Strategi Pembelajaran Mastery Learning: Konsep Dan Implementasinya. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 21-30.
Istikomah Dewi, F. (2016). Dewi, Fitria I Dkk: Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Pada Materi Virus Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Pada Materi Virus Kelas X Sma 5(3). Http://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Bioedu
Juaini, A., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Gaya Mengajar Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mts Nw Kotaraja Lombok Timur, Ntb. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 1890-1909.
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V7i1.2482
Malik, A. 2021. Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Hasil Pengamatan atau Wawancara. Jurnal Educatio. 7(4): 1488-1493.
Prameswari, S. W., & Suharno, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills In Primary Schools. 1(1), 742–750. Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes
Pratiwi, R. S. 2022. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains.Jurnal Bioedu. Vol. 11(1): 165-178 (Vol. 11, Issue 1). Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Bioedu
Purnamasari, A., & Hartono, W. J. (2023). Pentingnya penggunaan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Jotika Journal in Education, 2(2), 57-64.
Rahayu, E., & Isnawati, I. (2019). Validitas Buku Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8(2).
Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2011). Penilaian hasil belajar pada tingkat satuan pendidikan. Surabaya: Unesa.
Ridwaan, A. S. (2017). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Saadi, Fransiska, et al. "Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Toho." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, vol. 2, no. 7, 8 Jul. 2013.
Shobirin, M. A., & Rusilowati, A. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bahasa Inggris Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Semarang. Journal of Primary Education, 2(2), 63-70.
Sholihah, N., & Indana, S. (2018). Validitas Dan Kepraktisan Lkpd Literasi Sains Pada Materi Jamur Untuk Melatihkan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas X Sma. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 177–186. Http://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Bioedu
Solikah, Ayu Ni'matus., dan Susantini, Endang. 2022. Pengembangan E-Book Interaktif Materi Pewarisan Sifat untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA. Bioedu. 11(2): 374-383.
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.2.3.145-152
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Surway, G. (2023). Pengembangan Bahan Ajar. Sumatera: Mifandi Mandiri Digital
Suryati, & Permatasary, Y. (2014). Pengembangan Pembelajaran Termokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen,” 2(2), 200–215.
Sutama, I. N., Arnyana, I. B. P., & Swasta, I. B. J. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Dan Kinerja Ilmiah Pada Pelajaran Biologi Kelas Xi Ipa Sma Negeri 2 Amlapura. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Ipa, 4.
Wahyuni, (2018) Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar.
Zubaidah, S. (2010, January). Berpikir Kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. In Seminar Nasional Sains (Vol. 6, No. 8, pp. 1-14).
Abstract views: 345
,
PDF Downloads: 143











