Kelayakan LKPD Materi Sistem Pernapasan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA

  • Manis Fauziah Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Qomariyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik yang layak pada materi Sistem Pernapasan, untuk melatihkan keterampilan literasi sains dan berpikir kritis berdasarkan aspek kelayakan teoritis dan empiris. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model 4D. Metode pengumpulan data diperoleh dari instrumen lembar validasi, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar hasil tes belajar peserta didik, dan lembar angket respons peserta didik. Hasil lembar validasi memperoleh skor rata-rata sebesar 3,67 dengan kriteria sangat layak. Hasil kelayakan empiris dikumpulkan berdasarkan kepraktisan dan efektivitas lembar kerja peserta didik. Kepraktisan yang diperoleh dari kegiatan peserta didik memperoleh rata-rata 87% dan 88% untuk lembar kerja peserta didik 1 dan 2. Efektivitas lembar kerja peserta didik dinilai berdasarkan hasil belajar dan respons peserta didik. Hasil belajar peserta didik memperoleh skor N-Gain rata-rata 0,73 dengan kategori tinggi berdasarkan skor pre-test dan post-test pada 29 peserta didik kelas XI. Peserta didik memberikan tanggapan positif setelah menggunakan lembar kerja peserta didik dengan skor 96,6%, dikategorikan sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik pada materi Sistem Pernapasan untuk melatihkan keterampilan literasi sains dan berpikir kritis peserta didik kelas XI dinyatakan layak berdasarkan aspek kelayakan teoritis dan empiris.

Kata kunci: validitas, kepraktisan dan keefektivan lembar kerja peserta didik, literasi sains, berpikir kritis, Sistem Pernapasan.

Published
2020-09-30
Section
Articles
Abstract View: 686
PDF Download: 323