Pengembangan E-LKPD Berbasis Learning Cycle 5E Materi Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Terintegrasi Peserta Didik Kelas XI SMA

Authors

  • Gita Saula Nurulia Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Qomariyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p285-293

Abstract

Inovasi dalam pembelajaran penting dilakukan dalam mencapai tujuan belajar. Inovasi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan atau menyempurnakan bahan ajar. Salah satunya e-LKPD. e-LKPD sangat membantu dalam pembelajaran terutama pada situasi pandemi Covid-19, semua kegiatan pembelajaran menjadi daring. e-LKPD juga dapat melatih keterampilan proses terintegrasi peserta didik. Meningkatkan keterampilan proses terintegrasi dibutuhkan pendekatan konstruktivis menggunakan Learning Cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk menunjang pembelajaran pada materi sistem pencernaan sehingga keterampilan proses terintegrasi dapat ditingkatkan dengan memenuhi syarat secara teoritis. Penelitian termasuk jenis penelitian pengembangan mengunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Kelayakan e-LKPD secara teoritis didapatkan dari hasil validasi. Kualifikasi e-LKPD secara teoritis diperoleh berdasarkan hasil validasi. Validasi dilakukan oleh tiga validator, dua dosen ahli materi dan media pembelajaran, serta seorang guru Biologi SMA. Penilaian validasi memiliki tiga aspek yang diamati yaitu isi, penyajian dan bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-LKPD secara teoritis memenuhi syarat dengan persentase skor validasi sebesar 94,3% yang menandakan kategori sangat valid. Disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis Learning Cycle 5e pada materi sistem pencernaan yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses terintegrasi peserta didik kelas XI SMA. Penelitian lanjutan dalam pengembangan e-LKPD secara langsung kepada peserta didik perlu dilakukan.

Kata Kunci: e-LKPD, Learning Cycle 5e, keterampilan proses terintegrasi, sistem pencernaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-11

Issue

Section

Articles
Abstract views: 700 , PDF Downloads: 821

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>