Validasi E-Book Tipe Flipbook Materi Sistem Pencernaan Manusia Berbasis PBL untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA

  • Alya Rose Andini Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Qomariyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan dunia menuntut majunya mutu pendidikan. Berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan pendidikan pada abad ke-21 yang meliputi mengambil hipotesis rasioanl melalui kegiatan mengkaji situasi, fenomena, pertanyaan, maupun masalah. salah satu cara untuk dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis adalah dengan metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning). E-book tipe flipbook merupakan media pembelajaran interaktif yang dapat mendukung metode PBL, karena dapat memuat gambar, video, dan link yang mudah diakses oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas media e-book tipe flipbook materi Sistem Pencernaan Manusia berbasis PBL untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa IPA kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara validasi dan analisis pada media e-book tipe flipbook, soal quiz, soal penilaian akhir, dan RPP. Hasil validasi menyatakan seluruhnya valid dengan skor media 89,85; soal quiz 80; soal penilaian akhir 73,33; dan RPP 88,86. Media e-book tipe flipbook materi Sistem Pencernaan Manusia berbasis PBL dianggap layak untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa.

Published
2022-02-11
Section
Articles
Abstract Views: 1180
PDF Downloads: 1134