Validitas E-LKPD Berbasis Guide Inquiry pada Materi Sistem Ekskresi untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA

Authors

  • Dinni Shela Febrina Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Qomariyah Univeritas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n2.p481-489

Abstract

Abstrak

Kurikulum merdeka belajar didesain untuk menghadapi tuntutan pendidikan abad ke-21. Salah satu tuntutan pendidikan abad ke-21 adalah berpikir kritis. Salah satu solusi dalam menangani permasalahan tersebut adalah menggunakan model pembelajaran sistematis yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Guided Inquiry. Faktor keberhasilan lain dalam pembelajaran yaitu penggunaan bahan ajar yang tepat. Salah satunya adalah bahan ajar Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik. Tujuan penelitian ini yaitu mendeksripsikan validitas E-LKPD berbasis Guided Inquiry pada materi sistem ekskresi untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA. Prosedur pengembangannya menggunakan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Teknik pengumpulan data yakni menggunaan metode validasi. Hasil E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan persentase sebesar 99,18% berdasarkan penyajian, isi dan syarat teknis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan E-LKPD berbasis Guided Inquiry pada materi sistem ekskresi tersebut dapat dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, elektronik lembar kerja peserta didik, guided inquiry.

 

Abstract

The independent learning curriculum is designed to face the demands of 21st century education. One of the demands of 21st century education is critical thinking. One solution to dealing with this problem is to use a systematic learning model that can train students' critical thinking skills. The learning model that can be applied is Guided Inquiry. Another success factor in learning is the use of appropriate teaching materials. One of them is the open material Electronic Student Worksheets. The aim of this research is to describe the validity of the Guided Inquiry-based E-LKPD on excretory system material to train high school students' critical thinking skills. The development procedure uses a 4D model (Define, Design, Develop and Disseminate). The data collection technique uses validation methods.. The results of the E-LKPD developed were declared very valid with a percentage of 99.18% based on presentation, content and technical requirements. Based on the results of research on the development of E-LKPD based on Guided Inquiry on the excretory system material, it can be declared suitable for use in learning.

Keywords: critical thinking skills, electronic student worksheets, guided inquiry.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 191 , PDF Downloads: 239

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>