Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Pencernaan dengan Menggunakan Three-Tier Test pada Siswa Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p199-206Abstract
Sistem Pencernaan adalah sistem organ dalam tubuh yang berfungsi menerima makanan, mencerna makanan, mengubah menjadi energi, dan mengeluarkan zat sisa dari proses tersebut. Materi Sistem Pencernaan ini masih memiliki nilai capaian hasil belajar yang tergolong rendah, hal ini mungkin terjadi karena adanya miskonsepsi pada siswa. Penelitian analisis miskonsepsi pada materi Sistem Pencernaan bertujuan mendeskripsikan miskonsepsi siswa dan penyebab miskonsepsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan mengujikan instrument Three-Tier Test yang sebelumnya telah divalidasi oleh dosen ahli kepada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Menganti dengan jumlah sasaran penelitian 120 siswa. Analisis hasil penelitian menggunakan tabel kategori dan kriteria tingkat miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi yang dialami siswa terjadi pada setiap konsep materi Sistem Pencernaan mulai tertinggi hingga terendah yaitu konsep proses pencernaan 65,50%, penyakit/gangguan Sistem Pencernaan 62,22%, zat kimiawi Sistem Pencernaan 58,75%, uji kandungan zat makanan 58,33%, nutrisi makanan 57,22%, serta struktur dan fungsi organ pencernaan 43,75%. Faktor penyebab miskonsepsi berasal dari diri siswa, buku ajar, guru, cara mengajar, dan konteks siswa.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Three-Tier Test, Sistem Pencernaan.