Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Konsep Sel
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n1.p135-146Abstract
Pembelajaran pada abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis. Pembelajaran di kelas perlu dilakukan inovasi untuk mencapai tuntutan tersebut. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam memenuhi tuntutan abad ke-21 yakni Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang melatihkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKPD yang layak, praktis dan efektif serta dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian pengembangan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang diuji cobakan secara terbatas kepada 20 peserta didik SMA kelas XI. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan instrumen lembar validasi, lembar observasi peserta didik, angket respons peserta didik, dan lembar hasil belajar peserta didik (pre-test dan post-test). Hasil validasi LKPD memperoleh persentase sebesar 97,70% dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan aktivitas dan respons positif peserta didik. Hasil keterlaksanaan aktivitas peserta didik sebesar 98,5% dan respons positif peserta didik sebesar 99,75% termasuk kategori sangat praktis. Efektivitas lembar kerja peserta didik dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dilihat dari skor N-gain sebesar 0,87 kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut LKPD yang dikembangkan pada pembelajaran konsep sel mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.