VALIDITAS DAN KETERBACAAN BUKU AJAR BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES KELAS X

  • Awanda Amelia
  • Herlina Fitrihidajati

Abstract

Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah mengisyaratkan perlunya proses pembelajaran yang dipandu dengan Scientific Approach. Materi perubahan lingkungan merupakan materi yang berhubungan dengan lingkungan sekitar dan permasalahan sehari-hari. Oleh karena itu penyampian materi dapat menggunakan scientific approach, sehingga dapat dilatihkan keterampilan proses sains. Dalam upaya meningkatkan keefektifan proses pembelajaran selain menggunakan pendekatan pembelajaran yaitu menggunakan buku ajar yang harus dimiliki oleh pebelajar sebagai sumber belajarnya. Sehingga perlu dikembangkan buku ajar berbasis scientific approach. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berbasis scientific approach materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan proses sains yang layak secara teoritis dan empiris. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan metode 4D (define, design, develop, dan disseminate), sampai tahap develop. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi dan lembar keterbacaan. Buku ajar yang telah dikembangkan diujicobakan secara terbatas pada 15 siswa kelas X SMAN 2 Sidoarjo pada Mei 2018. Parameter yang diukur adalah kelayakan teoritis ditentukan berdasarkan hasil validasi buku ajar, serta kelayakan empiris ditentukan berdasarkan keterbacaan buku ajar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa validitas buku ajar menunjukkan skor 3,55 dengan kategori sangat valid, dan keterbacaan menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan mencapai keterbacaan pada level 10 artinya sesuai digunakan untuk kelas X SMA.

Kata kunci: Buku Ajar, Scientific Approach, Perubahan Lingkungan

Published
2018-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 117