Analisis Kesesuaian Modul Ajar Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Puri Mojokerto dalam Penerapan Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n1.p127-134Abstract
Modul Ajar Kurikulum Merdeka merupakan pengganti dari RPP. Dalam pembuatan Modul Ajar, guru memiliki kebebasan untuk memilih, memodifikasi, atau bahkan menyusun Modul Ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Hal tersebut berdampak pada Modul Ajar yang dikembangkan guru masih memerlukan contoh Modul Ajar yang sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesesuaian komponen dan isi Modul Ajar biologi SMA kelas X yang dikembangkan oleh guru di Mojokerto dengan Kurikulum Merdeka Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif . Pada penelitian ini akan mendeskripsikan kesesuaian Modul Ajar dengan Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Modul Ajar dan Alur Tujuan Pembelajaran dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan instrumen analisis kesesuaian komponen dan instrumen kesesuaian isi yang telah dikembangkan peneliti dan divalidasi oleh validator. Modul Ajar SMA Negeri 1 Puri Mojokerto kelengkapan komponennya masuk ke dalam kategori sesuai dan mendapat persentase keseluruhan sebesar 83%. Sedangkan kesesuaian isinya masuk kedalam kategori kurang sesuai dengan persentase keseluruhan sebesar 65%. Setelah dianalisis, Modul Ajar SMA Negeri 1 Puri Mojokerto diperbaiki kelengkapan komponennya dan kesesuaian isinya oleh peneliti dan divalidasi oleh validator. Kesesuaian komponen Modul Ajar yang telah diperbaiki yaitu sebesar 100% dan kesesuaian isinya sebesar 95%.
Kata kunci: Analisis, Modul Ajar, Kurikulum Medeka, Kesesuaian isi, Kesesuaian Komponen