Validitas Flipbook Interaktif pada Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA

  • Alvian Novita Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Raharjo Raharjo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berpikir kritis merupakan dasar dari kemampuan 4C yang dikembangkan pada pembelajaran Abad-21 melalui Kurikulum 2013. Tetapi kemampuan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih tegolong rendah. Oleh sebab itu, guru harus berinovasi dalam pembelajaran untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa salah satunya dengan mengembangkan flipbook interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan flipbook interaktif pada materi sistem pernapasan manusia yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA berdasarkan kelayakan penyajian, isi, bahasa, penilaian interaktif dan berpikir kritis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) tetapi hanya dilakukan sampai pada tahap develop (pengembangan). Tahap pengembangan dilaksanakan di Jurusan Biologi dan Laboratorium IsDB FMIPA Universitas Negeri Surabaya yang menghasilkan Flipbook Interaktif Materi Sistem Pernapasan Manusia dan divalidasi oleh dua validator yaitu dosen ahli pendidikan dan dosen ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan nilai validasi atau kelayakan yang diperoleh dari dosen ahli berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, nilai interaktif dan berpikir kritis yang diambil modusnya dengan nilai 4 (sangat baik) kemudian dipresentasekan menunjukkan skor 100% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian flipbook interaktif yang dikembangkan sangat layak untuk diujicobakan pada peserta didik dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, validasi, flipbook interaktif, sistem pernapasan manusia

Published
2020-09-30
Section
Articles
Abstract View: 371
PDF Download: 385