PENGEMBANGANPERMAINAN EDUKATIF YUT NORI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN

  • Megawati Megawati
  • Raharjo Raharjo
  • Erlix Purnama

Abstract

Abstrak

Keterampilan berpikir kritis perlu diterapkan pada proses pembelajaran materi sistem pencernaan. Proses pembelajaran akan menjadi lebih  menyenangkan jika menggunakan media pembelajaran dengan permainan edukatifsebagai salah satu alternatifnya. Permainan edukatif Yut Nori materi sistem pencernaan merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat permainan edukatif Yut Nori sebagai media pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA yang layak ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Desain pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R & D).Instrumen yang digunakan yakni lembar validasi, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar angket respons peserta didik, dan lembar test. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistika deskriptif kualitatif. Tahap ujicoba dilakukan di SMA Negeri Jogoroto Jombang pada bulan Maret 2019. Hasil uji coba terbatas pada 20 peserta didik XI IPA 3 SMA Negeri Jogoroto menunjukkan permainan edukatif Yut Nori sistem pencernaan sangat layak dengan kelayakan 99,3%, keterlaksanaan aktivitas peserta didik 88,4%, respons positif peserta didik 98%, ketuntasan hasil belajar peserta didik 90%, gain score sebesar 0,44 dengan kategori sedang, serta ketuntasan indikator pembelajaran 90%.

Kata Kunci: permainan edukatif, media pembelajaran, Yut Nori, keterampilan berpikir kritis, sistem pencernaan.

Section
Articles
Abstract Views: 306
PDF Downloads: 268