VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES

  • Anisa Maryam
  • Raharjo Raharjo
  • Erlix Rakhmad Purnama

Abstract

Lembar kegiatan peserta didik berbasis Problem Based Learning berisi kegiatan yang terintegrasi dengan sintaks model Problem Based Learning sehingga dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik dan cocok dalam pembelajaran Sistem Peredaran Darah, karena memiliki karakteristik materi yang mencakup permasalahan-permasalahan yang autentik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas lembar kegiatan peserta didik berbasis Problem Based Learning pada materi sistem peredaran darah untuk melatihkan keterampilan proses. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Validitas LKPD ditinjau berdasarkan telaah dan validasi para ahli. Validitas LKPD diukur berdasarkan validitas penyajian (teknik), validitas kebahasaan (konstruk), dan validitas isi. Hasil validasi LKPD memperoleh modus keseluruhan kategori sangat valid. Dengan demikian, LKPD berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validitasnya dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: validitas, lembar kegiatan peserta didik, problem based learning, sistem peredaran darah, keterampilan proses

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 512
PDF Downloads: 478