Pengembangan E-Booklet Berbasis Problem Based Learning Submateri Spermatophyta untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p338-349Keywords:
E-booklet, Spermatophyta, Problem Based Learning, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Kurangnya kreativitas guru dalam mengelola proses pembelajaran dan pengembangan bahan ajar menjadi salah satu penyebab penurunan motivasi dan hasil belajar. Pembelajaran dapat dioptimalkan melalui penerapan variasi bahan ajar dan model pembelajaran yang sesuai. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah model PBL yang dikombinasikan dengan bahan ajar e-booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-booklet berbasis PBL pada submateri Spermatophyta dengan harapan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik yang dinyatakan layak berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Metode pengembangan menggunakan model 4D yang mencakup tahap pendifinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Data penelitian diperoleh melalui metode validasi, observasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar observasi aktivitas, angket respons, angket motivasi, serta lembar pretest dan posttest. Pengujian e-booklet dilakukan pada 33 peserta didik kelas X-I Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang. Hasil validasi dinyatakan sangat valid dengan persentase 98,2% berdasarkan kelayakan penyajian, isi, dan bahasa. Dari segi kepraktisan, e-booklet memperoleh persentase 97,73% (sangat praktis) ditinjau dari lembar observasi aktivitas peserta didik dan 98,07% (sangat praktis) berdasarkan respons peserta didik. Keefektifan e-booklet diukur melalui peningkatan motivasi belajar (sebelum dan sesudah pembelajaran) dengan rata-rata N-gain sebesar 0,9 (tinggi) dan peningkatan hasil belajar (pretest dan posttest) dengan rata-rata N-gain sebesar 0,6 (sedang). Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa e-booklet berbasis PBL pada submateri Spermatophyta dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik.
Downloads
References
Alfiyana, R., Sukaesih, S., dan Setiati, N. 2018. Pengaruh Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dengan Metode Talking Stick terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik Materi Sistem Pencernaan Makanan. Journal of Biology Education, 7(2), 226-236.
Andres, S.P., 2022. Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas Vii. 3 Smpn 21 Kota Bengkulu. Doctoral dissertation. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Aulia I. N., Pukan, K. K., dan Widiyaningrum, P. 2019. Effectiveness of Model Problem Based Learning withVideo Learning Imun System Materials in Sma 1 Semarang. Journal of Biology Education. 8(1), 35-42.
Disriani, R. dan Habibi, M., 2023. Hubungan Motivasi Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 125-131.
Fathia, I.N., Sulistianingsih, S. dan Arifannisa, A. 2021. Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 235-240.
Hendra., Afriyadi, H., Hayati, N., Laila, S.N., Prakasa, Y.F., Hasibuan, R.P.A. dan Asyhar, A.D.A. 2023. Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia: Jambi.
Hidayati, N.N., Yulinda, R. dan Putri, R.F., 2024. Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet sebagai Bahan Pengayaan pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMP. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa, 6(3), 942-952.
Imtihana, M. dan Priyono, B. 2014. Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkungan di SMA. Journal of Biology Education, 3(2), 186-192.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Peserta didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mazlin, M., Al Idrus, A., Ilhamdi, M.L., dan Jufri, A.W. 2023. Model Problem Based Learning Berbantuan Booklet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MA Darul Ihsan Lelong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1775-1782.
Milama, B., Adiliyah, S. dan Fairusi, D. 2023. Development of E-Booklet based on Problem Based Learning on Acid Base Material for Problem Solving Ability. Edusains, 15(1), 86-98.
Naimnule, L., Oetpah, V., dan Sila, V.U.R. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) di SMU. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 2050-2053.
Nomleni, F.T. 2022. Pengaruh Media Booklet terhadap Motivasi Belajar Peserta didik di SMP Negeri 3 Kota Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Indigenous Biologi: Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi, 5(2), 78-83.
Octalia, R. P., Rizal, N., dan Ardiansyah, H. S. A. S. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Challenges untuk Meningkatkan Computational Thinking dalam Pembelajaran Mdaniri sebagai Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 149-166.
Parawangsa, H.I. dan Listari, N. 2023. Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Empiricism Journal, 4(1), 225-232.
Parmadhi, R., 2021. Identifikasi Jenis Tumbuhan Spermatophyta yang Terdapat di Lingkungan Sekolah SMA Negeri 1 Bakongan Sebagai Media Pembelajaran Materi Kingdom Plantae. Doctoral dissertation. UIN Ar-Raniry.
Prajayanti, S.S.R., 2015. Reduksi Didaktik Bahan Ajar Spermatophyta Sebagai Upaya Mengendalikan Beban Kognitif Peserta didik SMA sesuai Gaya Belajar. Doctoral dissertation. Universitas Pendidikan Indonesia.
Putri, A.M., Mahardika, I.K. dan Nuriman, N., 2021. Model Pembelajaran Free Inquiry (Inkuiri Bebas) dalam Pembelajaran Multirepresentasi Fisika di MAN 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 324-327.
Purmadi, A., Wibawa, R. dan Muzakkir, F.F. 2020. Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Video Menggunakan Sparkol Video Scribe bagi Guru SMK Darul Qur’an. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 1(2), 84-87.
Rahman, S. 2022. Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rismayanti, R., Rayhan, M.A. dan El Adzim, Q.K. 2023. Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 2(1), 251-261
Rosyidah, N.D., Nagara, D.T. dan Supriana, E. 2019. Model Problem based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik. FKIP E-Proceeding, 4(1), 46-49.
Samoling, I. E., Ismanto, B., dan Rina, L. 2021. Evaluasi Program Pembelajaran Ekonomi Secara Daring pada Masa Pdanemi Covid Di SMAN 2 Salatiga. Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning dan Communication, 1(3), 125–131.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Arruz Media.
Sufirah, S., Bakhtiar, M.I. dan Alam, A.A.F. 2023. Efektivitas Media Booklet Melalui Layanan Bimbingan Klasikal untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik. Konseling: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 5(1), 26-34.
Susanti, L. 2019. Implementasi Motivasi Belajar Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) pada Afektif Peserta didik Kelas XI di SMA Charis Malang. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi dan Fakultas Liberal Art UPH Surabaya.

