Kelayakan Teoretis E-Modul Berbasis Inkuiri Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n3.p841-848Abstract
Perkembangan pendidikan pada abad ke-21 mengalami banyak perubahan dan berpengaruh dalam perkembangan kurikulum, salah satunya yaitu kurikulum merdeka belajar. Kurikulum merdeka belajar merupakan suatu pendekatan baru dalam sistem pendidikan di Indonesia yang memberikan kebebasan kepada siswa dalam menentukan jalannya pembelajaran. E-modul diperlukan sebagai bahan ajar yang dapat menunjang pelaksanaan kurikulum tersebut. E-modul merupakan bahan ajar berbentuk digital yang bisa dipelajari secara mandiri oleh siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dunia pendidikan abad ke-21 dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah model inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan teoretis e-modul berbasis inkuiri materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan model 4D yaitu define, design, development, tanpa disseminate. Data didapatkan dari hasil validasi oleh dua dosen biologi dan satu guru biologi SMA. E-modul berbasis inkuiri yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,89 yang apabila dipersentasekan memiliki nilai sebesar 97,25%. Hasil validasi tersebut didasarkan pada aspek penyajian, isi, kesesuaian langkah inkuiri, aspek berpikir kritis, dan kebahasaan. Sehingga disimpulkan bahwa e-modul berbasis inkuiri ini layak secara teoretis dan dapat digunakan oleh siswa kelas X SMA.
Kata Kunci: Kelayakan teoretis, E-modul berbasis inkuiri, perubahan lingkungan, berpikir kritis