PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan kemampuan dasar yang dibutuhkan siswa untuk membentuklandasan dasar dalam mengembangkan diri. Project Based Learning dapat meningkatkan tingkat kreativitas
dari siswa. Selain itu pembelajaran berbasis proyek juga dapat mengarahkan siswa agar dapat
menyelesaikan suatu permasalahan. Pembelajaran biologi dapat dilakukan dengan mmemberikan pengalaman
belajar secaraa langsung kepadaa siswa melalui penerapan keterampilann prosess yang dajarkan melalui model
pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran materi perubahan lingkungan. Materi perubahan
lingkungan menuntut siswa untuk berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan lingkungan sekitar . Tujuan
dari penelitiann adalah untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis project based learning
untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi perubahan lingkungan yang layak secara teoritis
berdasarkan hasil validasi dan layak secara kepratisan berdasarkan keterlaksanaan dan responsiswa. Penelitian
inii adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode 4D, yang terdiri dari define, design,
develop, dan disseminate, namun pada tahap disseminate tidak dilakukan. Uji coba LKPD dilakukan pada 20
peserta didik kelas X SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Pengumpulanndata menggunakann metode
validasi, observasi, dan angket. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis project based
learning dapat melatihkan keterampilan proses sains siswa dengan nilai validitas sebesar 81% dengan kriteria
sangat layak. Kelayakan LKPD secara kepratisan berdasarkan keterlaksanaan LKPD sebesar 93,75% dan hasil
keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 99,17%, respons siswa terhadap LKPD sebesar 98,75% dengan kriteria
sangat layak. Parameter kelayakan teoritis dan kelayakan praktis ≥70%. Data dianalisis secara deskriptif
kuantitatif.
Kata Kunci: LKS, Modell project based learning, Keterampilann proses sains, Perubahan lingkungan.
Issue
Section
Articles
PDF Downloads: 495