PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA

  • Mardiana Lette
  • Sunu Kuntjoro

Abstract

Keterampilan  proses  sains  merupakan  kemampuan  dasar  yang  dibutuhkan  siswa  untuk  membentuk
landasan  dasar  dalam  mengembangkan  diri.  Project  Based  Learning  dapat    meningkatkan  tingkat    kreativitas
dari    siswa.    Selain    itu    pembelajaran  berbasis    proyek    juga    dapat    mengarahkan    siswa    agar  dapat
menyelesaikan  suatu  permasalahan.  Pembelajaran  biologi    dapat  dilakukan  dengan  mmemberikan  pengalaman
belajar secaraa langsung kepadaa siswa  melalui penerapan keterampilann prosess  yang  dajarkan  melalui  model
pembelajaran  Project  Based  Learning  dalam  pembelajaran  materi  perubahan  lingkungan.  Materi  perubahan
lingkungan  menuntut  siswa  untuk  berpikir  kritis  dalam  memecahkan  permasalahan  lingkungan  sekitar .  Tujuan
dari  penelitiann  adalah  untuk  menghasilkan  Lembar  Kegiatan  Siswa  (LKS)  berbasis  project  based  learning
untuk  melatihkan  keterampilan  proses  sains  pada  materi  perubahan  lingkungan  yang  layak  secara  teoritis
berdasarkan  hasil  validasi  dan  layak  secara  kepratisan  berdasarkan  keterlaksanaan  dan  responsiswa.  Penelitian
inii  adalah  penelitian  pengembangan  dengan  menggunakan  metode  4D,  yang  terdiri  dari  define,  design,
develop,  dan  disseminate,  namun  pada  tahap  disseminate  tidak  dilakukan.  Uji  coba  LKPD  dilakukan  pada  20
peserta  didik  kelas  X  SMA  Kemala  Bhayangkari  1  Surabaya.  Pengumpulanndata  menggunakann  metode
validasi,  observasi,  dan  angket.  Hasil  dari  penelitian  menunjukkan  bahwa  LKPD  berbasis  project  based
learning  dapat  melatihkan  keterampilan  proses  sains  siswa  dengan  nilai  validitas  sebesar  81%  dengan  kriteria
sangat  layak.  Kelayakan  LKPD  secara  kepratisan  berdasarkan  keterlaksanaan  LKPD  sebesar  93,75%  dan  hasil
keterlaksanaan  aktivitas  siswa  sebesar  99,17%,  respons  siswa  terhadap  LKPD  sebesar  98,75%  dengan  kriteria
sangat  layak.  Parameter  kelayakan  teoritis  dan  kelayakan  praktis  ≥70%.  Data  dianalisis  secara  deskriptif
kuantitatif.
Kata Kunci: LKS, Modell project based learning, Keterampilann proses sains, Perubahan lingkungan.
Section
Articles
Abstract Views: 630
PDF Downloads: 495