Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Purigami Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X

Authors

  • Aulia Rahma Syita Universitas Negeri Surabaya
  • Ulfi Faizah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p429-439

Keywords:

PBL, Materi Perubahan Lingkungan, Keterampilan Memecahkan Masalah, Purigami

Abstract

Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) banyak diterapkan di sekolah pada materi perubahan lingkungan dengan menggunakan permasalahan kontekstual untuk melatih keterampilan memecahkan masalah. Salah satu sumber belajar yang dapat di manfaatkan peserta didik adalah buku panduan pengelolaan kompos berjudul Purigami (Pupuk Organik Limbah Jerami) dalam kegiatan PPK ORMAWA tahun 2022. Sumber belajar tersebut belum dilengkapi dengan LKPD, sehingga perlu dikembangkan LKPD yang dapat membantu kelancaran pembelajaran. Tujuan penelitian ini mengembangkan LKPD Purigami dalam pembelajaran PBL pada materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan pemecahkan masalah. Parameter validitas meliputi aspek penyajian, isi, keterkaitan dengan PBL, keterkaitan indikator pemecahan masalah, dan bahasa. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) mencakup analisis kebutuhan, desain struktur LKPD, pengembangan konten, dan evaluasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini memperoleh LKPD yang memiliki kekhasan yaitu fitur Let’s Find Out, Let’s Quest. Let’s Inves, Let’s Convery, Let’s Reflect, Eco-Detect, Eco-Hypothesize, Eco-Investigate, Eco—Conclusion sehingga peserta didik dilatih keterampilan pemecahan masalah terkait perubahan lingkungan dengan langkah-langkah PBL baik materi maupun praktiknya. Hasil validasi LKPD berdasarkan aspek penyajian sebesar 100% kategori sangat valid, aspek isi 97,7% dengan kategori sangat valid, keterkaitan dengan PBL sebesar 100% kategori sangat valid, keterkaitan dengan indikator pemecahan masalah sebesar 100% kategori sangat valid, dan aspek bahasa sebesar 100% kategori sangat valid. Diperoleh rata-rata validitas semua aspek 99,5% kategori sangat valid. Kesimpulan penelitian adalah telah dikembangkan LKPD Purigami yang dapat melatih keterampilan memecahkan masalah terkait limbah jerami dengan pembuatan kompos organik dan layak digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, A., Putriana, D., & Idris, I. S. 2018. Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi. SAINSMAT" Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya, 7(2), 114-

124.

Damayanti, J., dan Ratnasari, E. 2021. Profil dan Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E- LKPD) Berbasis Bioentrepreneurship untuk Melatihkan Keterampilan Kewirausahaan dalam Era Industri 4.0. Bioedu. 10 (3): 530-541.

Fadhil, A. R., & Kuntjoro, S., 2021. Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Sikap Peduli Lingkungan Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Kelas X SMA. BioEdu : Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi . 10 (2): 292-301.

Fitriandari, M., & Winata, H. 2021. Manajemen Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia. Competence: Journal of Management Studies, 15(1), 1–13.

Hakim, M., & Faizah, U. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Jamur dengan Aplikasi Prezi untuk Melatihkan Keterampilan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8(2).

Herianto, I. 2020. Validitas dan Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Psikotropika untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA. Bioedu, 9(1).

Iswantini, Wiwin dan Tarzan Purnomo. 2017. Validitas Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Inkuiri pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. BioEdu. 6 (3): 344-352.

Kusumaningrum, M. E., Roshayanti, F., & Dewi, E. R. S. 2022. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) Berpotensi Meningkatkan

Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 8(2), 48–7

Margareta, I. R., & Purnomo, T. 2018. Validitas LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 7(2), 113-118.

Milatti, S. I., & Fitrihidajati, H. 2024. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E- LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(1), 66-78.

OECD. 2019. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing

Palennari, M. 2018. Problem Based Learning (PBL) Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pebelajar pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Hal. 587-592.

Permatasari, A., & Kuntjoro, S. 2019. Validitas LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Daur Ulang Limbah untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8(3).

Ramdhani, R., Harjono, A., dan Wahyudi. 2022. Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 6 (2): 256-263.

Sado, R. I., Daud, D., dan Tien, A. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Guided-Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6): 844-851.

Safitri, I., dkk. 2021. Pengembangan LKPD Biologi Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi,9(2),87- 95.

Sani, R. N., & Ambarwati, R. 2024. Pengembangan E- LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Submateri Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(2), 323-338.

Sihafudin, A., & Trimulyono, G. 2020. Validitas dan Keefektifan LKPD Pembuatan Virgin Coconut Oil Secara Enzimatis Berbasis PBL untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Bioteknologi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(1), 73–79.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. 2020. Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Susiani, Indana, S., & Indah, N. K. 2017. Validitas dan Efektivitas LKS Berbasis Literasi Sains pada Materi Tumbuhan untuk Siswa Kelas X. BioEdu. 6(1), 60-67.

Suparmi, P., Nuvitalia, D., & Situmorang, M. 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Berbasis Masalah Lingkungan. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 20(2), 1-9.

Syamsi, A. N., dan Fitrihidajati, H. 2021. Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. BioEdu. 10 (2): 397- 402.

Tristananda, P. W. 2018. Membumikan Education for Sustainable Development (ESD) di Indonesia dalam menghadapi isu–isu global. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 2(2), 42–49.

UNESCO. 2017. Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives.

Utami, D. T., Roshayanti, F., Dewi, E. R. S., & Nugroho, A.

S. 2023. Analisis Bahan Ajar Biologi Sma Ditinjau dari Muatan Sustainable Development Goals (SDGs). JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 9(1), 8-17.

Zahroh, D. A., & Yuliani. 2021. Pengembangan e-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 605-616.

Zuhroh, S. S., & Yuliani. 2024. Pengembangan E-Lkpd Interaktif Perubahan Lingkungan Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Bioedu. 13(3), 582-593.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 217 , PDF Downloads: 15

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.