KELAYAKAN TEORITIS MEDIA VIDEO MIND MAPPING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI FUNGI

  • Argelina Novi Oktaviana
  • Guntur Trimulyono

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang penting untuk mengembangkan siswa menjadi kreatif, karena dalam pendidikan pengetahuan dan kreativitas harus seimbang. Kreativitas siswa agar berkembang dibutuhkan suatu media yaitu video mind mapping. Video mind mapping merupakan mind mapping yang dibuat dalam bentuk video yang bergerak, sehingga dapat menarik perhatian siswa dalam berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan media video mind mapping secara teoritis. Kelayakan media secara teoritis berdasarkan pada hasil validitas para ahli. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas analysis (analisis), design (desain), development (perancangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi/umpan balik). Pengembangan media video mind mapping dilaksanakan di Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. Hasil validasi berdasarkan aspek format, isi dan kebahasaan oleh dosen ahli media dan ahli materi menunjukkan persentase media video mind mapping sebesar 95,2%. Media video mind mapping yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dan dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: validitas, video mind mapping, fungi.

 

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 986
PDF Downloads: 1050