Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Materi Virus untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA

Authors

  • Putri Amalia Salsabila Universitas Negeri Surabaya
  • Guntur Trimulyono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p287-297

Abstract

Abad 21 menuntut siswa untuk dapat mempunyai keterampilan dalam berpikir, keterampilan dalam berperan, serta keterampilan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Salah satu keterampilan yang harus dipunyai oleh siswa yaitu keterampilan dalam berpikir tingkat tinggi (Higher order thinking skills). Higher Order Thinking Skills merupakan suatu proses berpikir dalam level kognitif yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas, reliabilitas, tingkat kemampuan berpikir kritis siswa, dan respon siswa terkait dengan instrumen penilaian HOTS materi virus. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop dan Disseminate) tanpa tahap Disseminate. Validasi instrumen penilaian HOTS dilakukan baik secara teoritis maupun empiris. Validasi teoritis dilaksanakan oleh dosen ahli pendidikan, dosen ahli materi dan guru biologi.  Hasil  validitas  teoritis  diperoleh  nilai  sebesar 95,61% dengan  kategori  sangat  valid. Validasi empiris  dilaksanakan dengan melakukan  uji  coba  terbatas  terhadap  24  siswa.  Hasil  validitas empiris dari 15 butir soal HOTS 10 soal dinyatakan valid dengan nilai R hitung > 0.404. Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,732 dengan kategori reliabel. Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa mendapatkan rata-rata nilai sebesar 55,31% dengan kategori cukup kritis. Respon siswa terhadap instrumen penilaian mendapatkan rata-rata nilai sebesar 85,60% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  produk  instrumen penilaian HOTS pada materi virus telah dinyatakan valid, reliabel, dan dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa serta merupakan kategori soal sangat baik berdasarkan respon siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah agar instrumen penilaian ini dapat membantu dalam melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-05

Issue

Section

Articles
Abstract views: 684 , PDF Downloads: 393 , PDF Downloads: 260

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>