VALIDITAS INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

  • Diah Eka Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Guntur Trimulyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Proses pembelajaran biologi mengarahkan peserta didik agar mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari ke tingkat kognitif yang lebih tinggi. Kegiatan proses pembelajaran dapat dinyatakan berhasil salah satunya melalui evaluasi atau penilaian pembelajaran. Penilaian di sekolah masih banyak menggunakan ujian berdasar soal yang berada di LKS dengan level kognitif tingkat C1-C3 sehingga diperlukan peningkatan kemampuan berpikir tingkat yang lebih tinggi. Salah satu penilaian yang dikembangkan adalah penilaian HOTS yang ditujukan agar peserta didik dapat memecahkan permasalahan, berpikir kritis dan kreatif. Tujuan penelitian yakni menghasilkan instrumen penilaian HOTS pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini menggunakan model Research and Development yang dibatasi dengan lima tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain produk dan revisi produk. Batasan penelitian ini sampai tahap pengembangan dan validasi produk. Tahap validasi dilakukan oleh dua dosen ahli pendidikan menggunakan lembar validasi instrumen penilaian HOTS. Data hasil validasi dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan reliabilitas instrumen menggunakan percentage agreement mendapat kategori reliabel dengan hasil 99,53% pada butir soal pilihan ganda dan butir soal esai mendapat 100% serta skor validitas instrumen penilaian HOTS sebesar 3,94 pada butir soal pilihan ganda 1-4 dan skor sebesar 4 pada butir soal pilihan ganda 5-15 serta esai 1-5 dengan kategori sangat valid ditinjau dari aspek materi, konstruksi soal, bahasa dan HOTS. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa instrumen penilaian HOTS materi keanekaragaman hayati dikategorikan valid dan reliabel berdasarkan validasi ahli sehingga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam proses belajar.

Kata Kunci: Instrumen penilaian, HOTS, keanekaragaman hayati

Published
2021-07-27
Section
Articles