Validitas E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p743-754Keywords:
media e-book, PBL, keterampilan proses sainsAbstract
Pendidikan bertujuan untuk membentuk manusia yang berkualitas dan dapat menghadapi masalah-masalah pada kehidupan sehari-hari. Untuk menghadapi masalah pada kehidupan sehari- hari dibutuhkan suatu keterampilan dalam menyelesaikan masalah. Keterampilan ini dapat dilatihkan dengan cara mengaplikasikan suatu model pembelajaran. Adapun model pembelajaran yang bisa melatihkan keterampilan dalam merampungkan persoalan salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran PBL ini dapat memanfaatkan berbagai media pembelajaran, salah satunya yaitu e-book. Tujuan dari penelitian ini yaitu memberikan deskripsi terkait validitas teoritis dan empiris media e-book materi sistem peredaran darah manusia yang berbasis PBL untuk melatihkan keterampilan proses sains pada siswa kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan e-LKPD dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate), namun penelitian ini terbatas sampai pada tahap develop. Proses validasi dilakukan oleh ahli atau pakar pendidikan, pakar materi serta guru pelajaran Biologi, yang kemudian data hasil validasi tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil rekapitulasi data menunjukkan bahwa validitas dari e-LKPD ini adalah 3,47 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka e-LKPD ini layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran Biologi setelah dilakukan perbaikan sesuai masukan dari para validator. E-LKPD yang telah dikembangkan masih perlu diuji cobakan dalam pembelajaran sehingga diketahui efektivitasnya.
Kata kunci: media e-book, PBL, keterampilan proses sains.
Downloads
References
Abungu, H. E., Wachanga, S. W., and Okere, M. O. 2014 The Effect of Science Process Skill Teaching Approach on Secondary School Students Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research, 4(6): 359-372
Darmodjo, H. and Kaligis, J. R. E. 1992. Pendidikan IPA 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Febriyanti, E. 2017. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving pada Materi Kesetimbangan Kimia Di SMAN 2 Kota Jambi”. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. FKIP Universitas Jambi: Jambi.
Hariadi, A. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Gambar Proses dalam Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(5):433-441.
Hikmah, N., Abram, P. H., and Suherman. 2019. The Influence of Problem Based Learning Model (PBL) Using Lesson Study (LS) Pattern on Quality of Chemistry Learning in SMAN 1 Banawa. Jurnal Akademika Kimia, 8(1), 43-49.
Ibrahim, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya : Unesa Press.
Kemendikbud. 2017. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khafida, I.L., and Ismono. 2021. Pengembangan LKPD Inkuiri Berbasis Hands-On & Minds-On Activity untuk Meningkatkan HOTS pada Materi Laju Reaksi. UNESA Journal of Chemical Education, Vol. 4(2): 163-171.
Khusnia, A. and Susantini, E. 2018. Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Daur Ulang Limbah Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. Jurnal Bioedu. Vol. 7 (2): 105-112.
Maimufi, R., Haviz, M., Delfita, R., and Fajar, N. 2021. Validitas Lembar Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran MIPA, 2(1), 49-55: 49.
Muhammad, M., Rahadian, D., and Safitri, E.R. 2017. Penggunaan Digital Book Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Membaca pada Pelajaran Bahasa Arab. Pedagogia: Jurnal Ilmuu Pendidikan, 15(2): 170-182.
Pratama, R. A. and Saregar, A. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding untuk Melatihkan Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. Vol. 2 (1): 84-97.
Purnamasari, A., Karoma, K.A., Bukhori, and Sairi, A.P. 2020. Analisis Persepsi Peserta Didik Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Fisika SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajaran. Vol. 4 (1): 6-15.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rizkiyanti, D. and Raharjo. 2020. Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Life Skills pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Bioedu. Vol 9 (1): 88-92.
Rossa, W. and Susantini, E. 2019. Validitas Pengembangan LKS Berbasis CTL pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA. Jurnal Bioedu. Vol. 9, No. 3.
Salari, M., Roozbehi, A., Zarifi, A., and Tarmizi, R. A. 2018. Pure PBL, Hybrid PBL and Lecturing: Which One is More Effective in Developing Cognitive Skills of Undergraduate Students in Pediatric Nursing Course. BMC Medical Education, 18(1), 1-15.
Zhou, Z. 2018. An Empirical Study on the Influence of PBL Teaching Model on College Students’ Critical Thinking Ability. English Language Teaching, 11(4), 15.
Abstract views: 296
,
PDF Downloads: 51











