Validitas LKPD Berbasis Strategi KWL (Know-Want-Learned) untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif pada Materi Pembelahan Sel Siswa SMA Kelas XII

  • Mellany Wahyu Iryanti Universitas Negeri Surabaya
  • Rinie Pratiwi Puspitawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pengembangan LKPD berbasis strategi KWL (Know-Want-Learned) pada materi pembelahan sel telah dilaksanakan. Materi pembelahan sel bersifat rumit karena banyak istilah-istilah sulit yang membuat peserta didik cenderung banyak hafalan tanpa memahami serta pembelahan sel itu sebenarnya ada namun sulit diindera secara langsung. Bahan ajar yang digunakan kurang melatihkan keterampilan metakognitif sehingga siswa belum memiliki kesempatan dalam mengatur dan mengontrol proses berpikirnya untuk belajar secara mandiri dan aktif. Keterampilan metakognitif merupakan salah satu keterampilan yang dituntut pada abad 21 karena keterampilan tersebut dapat mengajarkan peserta didik untuk bertanggung jawab atas kemajuan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang valid dan mendiskripsikan validitas LKPD. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun tahap disseminate tidak dilakukan karena penelitian ini merupakan penelitian dasar. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi LKPD yang ditujukan untuk dosen ahli pendidikan dan dosen ahli materi disertai rubrik penilaian. Validitas LKPD ditentukan berdasarkan hasil validasi LKPD. Hasil penilaian berbagai aspek secara berturut-turut yaitu aspek isi 3,64, aspek kebahasaan 3,49, aspek penyajian 3,50, dan aspek karakteristik langkah pembelajaran dengan strategi KWL 3,67. Skor rata-rata yang diperoleh dari seluruh aspek yaitu sebesar 3,57 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis strategi KWL yang telah dikembangkan layak berdasarkan validitasnya sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada materi pembelahan sel untuk melatihkan keterampilan metakognitif peserta didik.

Kata Kunci: Validitas, LKPD, strategi KWL, keterampilan metakognitif, pembelahan sel.

 

Abstract

The development of student worksheets based on KWL (Know-Want-Learned) strategy in the cell division matter has been conducted. Cell division material is complicated because there are many difficult terms that make students tend to memorize a lot without understanding and cell division exists but is difficult to directly sense. Teaching materials used are less training in metacognitive skills so students do not have the opportunity to regulate and control their thought processes to learn independently and actively. Metacognitive skills are one of the skills demanded in the 21st century because these skills can teach students to be responsible for the progress of their learning. This study aimed to produce student worksheets which are valid and to describe the validity of the worksheets. This research refered to 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) model, but dissemination phase is not implemented because this is basic research. The instrument used is the student worksheets validation sheet aimed to education expert lecturer and material expert lecturer with an assignment rubric. The validity of student  worksheets were determined based on the validation result. The assessment result of various aspects in succession, namely the content aspect is 3,64, the language aspect is 3,49, the presentation aspect is 3,50, and the characteristic aspect of the learning steps with KWL strategy is 3,67. The student worksheets get score of  3,57 with very valid category. Based on the data obtained, it can be concluced that the student worksheets developed are feasible in the term of validity so it can be used in learning on cell division material to train metacognitive skills of students.

Keyword: Validity, student worksheets, KWL strategy, metacognitive skills, cell division.

Author Biography

Mellany Wahyu Iryanti, Universitas Negeri Surabaya
16030204060
Published
2021-02-23
Section
Articles
Abstract Views: 1002
PDF Downloads: 1051