Pengembangan Instrumen Soal Higher Order Thinking Skills (HOTs) Materi Jaringan dan Organ pada Tumbuhan Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p745-754Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian HOTS yang valid dan reliabel ditinjau dari validitas teoritis, validitas empiris, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan respon peserta didik. Metode penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Instrumen soal HOTS divalidasi teoritis oleh ahli pendidikan, ahli materi, dan guru biologi SMA mengacu pada instrumen berskala Guttman. Uji coba terbatas dilakukan pada 20 peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN Puri Mojokerto untuk mengetahui hasil validitas empiris, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan respon peserta didik. Hasil validitas teoritis dinyatakan sangat valid dengan nilai sebesar 90,67% pada aspek materi, 90% pada aspek konstruksi, dan 100% pada aspek bahasa. Hasil uji validitas empiris termasuk kategori valid dengan nilai sebesar 80%. Nilai reliabilitas termasuk kategori sangat reliabel dengan nilai sebesar 0,818. Indeks tingkat kesukaran butir soal memperoleh hasil 30% soal sukar, 70% soal sedang. Indeks daya pembeda butir soal menunjukkan 30% kurang, 30% cukup, dan 40% baik. Respon peserta didik diperoleh 92% kategori sangat baik Dari hasil yang diperoleh instrumen soal HOTS materi jaringan dan organ pada tumbuhan termasuk instrumen yang valid dan reliabel.
Kata Kunci: instrumen penilaian, HOTS, soal uraian, jaringan dan organ tumbuhan.