Visualisasi Trend Penelitian Bibliometrik pada Bidang STEAM Pembelajaran Biologi dalam Rentang Tahun 2021-2023
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p249-259Keywords:
Scopus, Vosviewer, Kurikulum, Inovasi, Keterampilan BerpikirAbstract
Penelitian bidang STEAM dalam pembelajaran biologi diambil dari publikasi jurnal Scopus pada rentang tahun 2021-2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian mengenai hubungan antara STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) dan Higher Order Thinking Skills dalam pembelajaran biologi berdasarkan analisis bibliometrik. Higher Order Thinking Skills merupakan salah satu syarat yang perlu ditekankan agar menciptakan pembelajaran berinovasi khususnya pada pembelajaran biologi. Penelitian ini diperoleh n=223 artikel dengan metode bibliometrik analisis software VOSviewer dan Biblioshiny fitur Co Occurance, Co-Author,Citation, dan Co-Word. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren penelitian tentang hubungan antara STEAM dan Higher Order Thinking Skills dalam pembelajaran biologi selama 3 tahun terakhir (2021-2023) berdasarkan database scopus didapat visulisasi jaringan seputar kata kunci “STEAM in Science Education” yang terbagi menjadi 5 klaster, yaitu STEAM dan inovasi sebagai subjek penelitian yang dominan. Kesimpulan yang dapat diambil dari data bibliometrik menunjukan bahwa tahun 2021-2023, sedikit yang terindeks di scopus membahas hubungan antara bidang STEAM dan Higher Order Thinking Skills pada pembelajaran biologi yang seharusnya dapat diimplementasikan dengan kurikulum merdeka. Implementasi kurikulum saat ini jika dipadukan dengan komponen STEAM dalam pembelajaran biologi dapat memberikan fleksibilitas bagi guru dan peserta didik menjadi pembelajaran berkreasi dan bermakna. Maka dari itu sangat diperlukan pembelajaran berinovasi pada bidang STEAM dalam pembelajaran biologi seperti menghasilkan sebuah inovasi berupa projek yang juga diberikan dalam bentuk tes agar Higher Order Thinking Skills dapat meningkat.
Downloads
References
Anwar, V. N., & Herman, T. 2022. Analisis Bibliometrik Tren Publikasi Pendekatan Stem Berbasis Computational Thinking Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif,5(5),1387–1396. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1387-1396
Fadilah, S., Santoso, H., & Sujarwanta, A.2021. Pengembangan Modul Biologi Materi Evolusi Kelas XII disertai Tipe Soal Hots dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Students Team Achievement Division (STAD). BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(2), 170.
https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i2.4443
Fajeriadi, H., & Fitriani, A.2024. Identifikasi Tren Penelitian dan Peluang Inovasi Pembelajaran Melalui Analisis Bibliometrik Strategi Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah. Journal of Bio-Creducation, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.20527/bioco.v1i1.13103
Fatmah, H.2021. KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI DENGAN PJBL BERBASIS STEAM. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5, 7–14. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal
Herdianto, R., Windyaningrum, N., Masruroh, B., & Setiawan, M. A.2021. Filsafat Pendidikan dan Perkembangannya: Kajian Bibliometrik berdasarkan Database Scopus. Belantika Pendidikan, 4(1), 44–56. https://doi.org/10.47213/bp.v4i2.101
Irawan, B., Oprasmani, E., & Fernando, A.2022. Pelatihan Penerapan Pendekatan STEAM dalam Pembelajaran Biologi bagi MGMP Biologi Kota Tanjungpinang. In Jurnal Anugerah (Vol. 3, Issue 2,pp.69–75). https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3881
Pudjiastuti, C. A., Roshayanti, F., Rita, E., & Dewi, S. 2024. Potensi Implementasi Steam ( Science , Technology , Engineering , Art , Mathematics ) Pada Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 55–64.
Ratna, D., Retnowati, R., & Kurniasih, S.2023. Model dan Metode Pembelajaran Berbasis STEAM pada Mata Pelajaran Biologi SMA. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 706. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7454
Sukmawati, N. I., Ika, N., & Rakhmawati, S.2023. Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 127–141.
Syariah, A., Zulfah, & Astuti.2023. Analisis Blibiometrik STEAMdalam Pembelajaran Matematika Berbasis VOV Viewers (pp. 48–54). https://doi.org/https://jerkin.org/index.php/jerkin/article/view/86
Yana, Y., Handoyo, B., & Putra, A. K.2021. Pengembangan buku ajar digital Geografi SMA berplatform aplikasi 3D Page Flip dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) materi keragaman budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(2), 92–98. https://doi.org/10.17977/um017v26i22021p092
Zafrullah, Z., Miftah, R. A., Dhia, A., & Rizki, A. T. 2024. Implementasi Project-based Learning di Sekolah Analisis Bibliometrik.pdf. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 11–23. https://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index
Abstract views: 553
,
PDF Downloads: 211











