Visualisasi Trend Penelitian Bibliometrik pada Bidang STEAM Pembelajaran Biologi dalam Rentang Tahun 2021-2023

Authors

  • Aghniya' Maulia Meyrtha Rahanli State University Of Surabaya
  • Rinie Pratiwi Puspitawati Univeritas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p249-259

Keywords:

Scopus, Vosviewer, Kurikulum, Inovasi, Keterampilan Berpikir

Abstract

Penelitian bidang STEAM dalam pembelajaran biologi diambil dari publikasi jurnal Scopus pada rentang tahun 2021-2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian mengenai hubungan antara STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) dan Higher Order Thinking Skills dalam pembelajaran biologi berdasarkan analisis bibliometrik. Higher Order Thinking Skills merupakan salah satu syarat yang perlu ditekankan agar menciptakan pembelajaran berinovasi khususnya pada pembelajaran biologi. Penelitian ini diperoleh n=223 artikel dengan metode bibliometrik analisis software VOSviewer dan Biblioshiny fitur Co Occurance, Co-Author,Citation, dan Co-Word. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren penelitian tentang hubungan antara STEAM dan  Higher Order Thinking Skills dalam pembelajaran biologi selama 3 tahun terakhir (2021-2023) berdasarkan database scopus didapat visulisasi jaringan seputar kata kunci “STEAM in Science Education” yang terbagi menjadi 5 klaster, yaitu STEAM dan inovasi sebagai subjek penelitian yang dominan. Kesimpulan yang dapat diambil dari data bibliometrik menunjukan bahwa tahun 2021-2023, sedikit yang terindeks di scopus membahas hubungan antara bidang STEAM dan Higher Order Thinking Skills pada pembelajaran biologi  yang seharusnya dapat diimplementasikan dengan kurikulum merdeka. Implementasi kurikulum saat ini  jika dipadukan dengan komponen STEAM dalam pembelajaran biologi dapat memberikan fleksibilitas bagi guru dan peserta didik menjadi  pembelajaran berkreasi dan bermakna. Maka dari itu sangat diperlukan pembelajaran berinovasi pada bidang STEAM dalam pembelajaran biologi seperti menghasilkan sebuah inovasi berupa projek yang juga diberikan dalam bentuk tes agar Higher Order Thinking Skills dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, V. N., & Herman, T. 2022. Analisis Bibliometrik Tren Publikasi Pendekatan Stem Berbasis Computational Thinking Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif,5(5),1387–1396. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1387-1396

Fadilah, S., Santoso, H., & Sujarwanta, A.2021. Pengembangan Modul Biologi Materi Evolusi Kelas XII disertai Tipe Soal Hots dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Students Team Achievement Division (STAD). BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(2), 170.

https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i2.4443

Fajeriadi, H., & Fitriani, A.2024. Identifikasi Tren Penelitian dan Peluang Inovasi Pembelajaran Melalui Analisis Bibliometrik Strategi Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah. Journal of Bio-Creducation, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.20527/bioco.v1i1.13103

Fatmah, H.2021. KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI DENGAN PJBL BERBASIS STEAM. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5, 7–14. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal

Herdianto, R., Windyaningrum, N., Masruroh, B., & Setiawan, M. A.2021. Filsafat Pendidikan dan Perkembangannya: Kajian Bibliometrik berdasarkan Database Scopus. Belantika Pendidikan, 4(1), 44–56. https://doi.org/10.47213/bp.v4i2.101

Irawan, B., Oprasmani, E., & Fernando, A.2022. Pelatihan Penerapan Pendekatan STEAM dalam Pembelajaran Biologi bagi MGMP Biologi Kota Tanjungpinang. In Jurnal Anugerah (Vol. 3, Issue 2,pp.69–75). https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i2.3881

Pudjiastuti, C. A., Roshayanti, F., Rita, E., & Dewi, S. 2024. Potensi Implementasi Steam ( Science , Technology , Engineering , Art , Mathematics ) Pada Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 55–64.

Ratna, D., Retnowati, R., & Kurniasih, S.2023. Model dan Metode Pembelajaran Berbasis STEAM pada Mata Pelajaran Biologi SMA. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 706. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7454

Sukmawati, N. I., Ika, N., & Rakhmawati, S.2023. Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 127–141.

Syariah, A., Zulfah, & Astuti.2023. Analisis Blibiometrik STEAMdalam Pembelajaran Matematika Berbasis VOV Viewers (pp. 48–54). https://doi.org/https://jerkin.org/index.php/jerkin/article/view/86

Yana, Y., Handoyo, B., & Putra, A. K.2021. Pengembangan buku ajar digital Geografi SMA berplatform aplikasi 3D Page Flip dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) materi keragaman budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(2), 92–98. https://doi.org/10.17977/um017v26i22021p092

Zafrullah, Z., Miftah, R. A., Dhia, A., & Rizki, A. T. 2024. Implementasi Project-based Learning di Sekolah Analisis Bibliometrik.pdf. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 11–23. https://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index

Downloads

Published

2025-01-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 553 , PDF Downloads: 211

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.