Pengembangan E-Modul Berbasis STEM pada Materi Pencemaran Udara untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Putri Amelia Purnomo Univeritas Negeri Surabaya
  • Rinie Pratiwi Puspitawati Univeritas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p630-638

Keywords:

E-modul, STEM, Berpikir kritis, Pencemaran Udara

Abstract

Keterampilan yang dibutuhkan di dunia pendidikan saat ini adalah keterampilan berpikir kritis. Pendekatan pembelajaran berbasis STEM telah menunjukkan keefektifannya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Studi ini berupaya mengembangkan e-modul berbasis STEM yang berfokus pada materi pencemaran udara, yang bertujuan untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. E-modul diujicobakan kepada 25 siswa kelas X SMAS Kartika IV-3 Surabaya. Validitas e-modul diperoleh berdasarkan hasil validasi 3 validator. Kepraktisan e-modul ditinjau berdasarkan keterbacaan, keterlaksanaan, dan respon peserta didik. Keefektifan e-modul ditinjau dari hasil tes siswa. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan metode validasi, uji keterbacaan, metode pengamatan aktivitas siswa, metode angket, dan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validasi e-modul memperoleh skor rata-rata 3,75 dengan persentase 93,8% dinyatakan “sangat valid”. Kepraktisan e-modul memperoleh beberapa hasil diantaranya respon peserta didik dengan persentase 98,8% kriteria sangat praktis, keterlaksanaan e-modul dengan persentase 98,3% kriteria sangat praktis, dan rata-rata keterbacaan berada pada level 10. Keefektifan e-modul memperoleh skor rata-rata 0,932 dengan kategori sangat baik; skor peningkatan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dalam kategori tinggi. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis STEM yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyanto, M. I., Herlambang, A. D., & Rahman, K. (2023). Pengaruh Implementasi Unsur Desain Grafis pada Media Pembelajaran berbasis Presentasi dalam Mata Pelajaran Pemrograman Dasar terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(4), 1651-1655.

Anggia, V. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP/MTs Berbasis Permainan Tradisional Melayu Riau. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Riau. Pekanbaru.

Airlanda, G. S & Dywan, A. A. (2020). Efektivitas model pembelajaran project based learning berbasis STEM dan tidak berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Basicedu, 4(2):344-354.

Arlinayanti, K. D. & Svari, N. M. F. D., (2024). Perubahan paradigma pendidikan melalui pemanfaatan teknologi di era global. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(3), 50-63.

BNSP. (2014). Naskah Akademik Instrumen Penilaian Buku TeksPelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online), bns.indonesia.org/2014/05/28/instrumen-penilaian-bukuteks-pelajaran-tahun-2014/.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapam Guru Dalam Mengajar. (hlm 9) Yogyakarta: Gava Media.

Davidi, EIN, Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi pendekatan STEM (sains, teknologi, enggeenering dan matematika) untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Cendekiawan: jurnal pendidikan dan kebudayaan, 11 (1):11-22.

Facione, P.A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Millbrae, CA: The California Academic Press. Rustaman.

Fitriah, D., & Mirianda, M. U. (2019). Kesiapan guru dalam menghadapi tantangan pendidikan berbasis teknologi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Hartati, S., & Siregar, S. A. (2024). Pemanfaatan Video Pembelajaran Dalam Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia. Journal of Chemistry Education and Integration, 3(2), 111-119.

Leedy, Paul D & Jeanne E. Ormord. (2010). Practical Research Planning and Design. United State of America: PEARSON education.

Mater, N. R., Hussein, M. J. H., Salha, S. H., Draidi, F. R., Shaqour, A. Z., Qatanani, N. and Affouneh, S. (2020). The effect of the integration of STEM on critical thinking and technology acceptance model. Educational Studies, 48(5), 642-658.

Mukono. (2014). Pencemaran Udara Dalam Ruangan: Berorientasi Kesehatan Masyarakat. Surabaya. Airlangga University Press.

Mukono. (2011). Aspek Kesehatan Pencemaran Udara. Airlangga University Press

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). PISA 2018 results (Volume I). OECD.

Permanasari, A. (2016). STEM education: Inovasi dalam pembelajaran sains. In Seminar Nasional Pendidikan Sains VI 2016. Sebelas Maret University.

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pujiati, Rahmawati, F. dan Rahmawati. (2019). Pentingnya E-Module Pembelajaran Peserta Didik Di Era Revolusi Industri 4.0. The 2nd Proceeding Annual National Conference for Economics and Economics Education Research Vol. 2 : 81 – 87.

Rahmawati. (2019). Pentingnya E-Module Pembelajaran Peserta Didik Di Era Revolusi Industri 4.0. The 2nd Proceeding Annual National Conference for Economics and Economics Education Research Vol. 2 : 81 – 87.

Riduwan & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan modul elektronik (e-module) biokimia pada materi metabolisme lipid menggunakan Flip PDF Professional. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 48-56.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RdanD). Bandung: Alfabeta.

Wartono W., Hudha M. N. and Batlolona J. R, 2018. How are the physics critical thinking skills of the students taught by using inquiry-discovery through empirical and theoretical overview? EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 691-697.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.

Wowor, E. C., Tumewu, W. A., & Mokalu, Y. B. (2022). Implementasi Repetitive Method Melalui Kegiatan Refleksi Dalam Pembelajaran. SOSCIED, 5(2), 272-279.

Yaki, A. A. (2022). Fostering Critical Thinking Skills Using Integrated STEM Approach among Secondary School Biology Students. European Journal of STEM Education, 7(1), 6.

Yasir, M. (2021). Pencemaran Udara Di Perkotaan Berdampak Bahaya Bagi Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Bangunan. PPJP (Pusat Pengelolahan Jurnal dan Penerbitan Universitas Lambung Mangkurat.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 190 , PDF Downloads: 90

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.