Analisis Buku Ajar Biologi SMA Kelas X yang digunakan di Sekolah untuk Melatihkan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Marlen Tiwery Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p414-431

Abstract

Abstrak 

Salah satu yang menunjang perkembangan pembelajaran pada abad 21 adalah tersedianya buku ajar yang menunjang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kegiatan yang mencerminkan keterampilan berpikir kritis siswa dan indikator keterampilan berpikir kritis siswa yang ada pada buku Biologi SMA kelas X. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yang memberikan paparan dari hasil data yang diperoleh yaitu aktivitas melatihkan berpikir kritis siswa. Sasaran dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang dikembangkan oleh penulis/guru Biologi di kelas X SMA/MA dengan menerapkan kurikulum 2013. Tahap pelakasanaan peneliti 1) melakukan analisis KD, indikator, dan tujuan; 2) mengidentifikasi aktivitas-aktivitas yang dilakukan siswa dalam buku; 3) mengidentifikasi aktivitas-aktiitas tersebut dalam kategori keterampilan berpikiri kritis; 4) mengusulkan aktivitas-aktivitas keterampilan berpikir kritis sesuai KD yang belum ada dalam buku tersebut. Data yang berupa aktivitas berpikir kritis dan jumlah indikator berpikir kritis dianalisis menggunakan metode deskriptif . Dari 18 KD dan 9 materi yang ada dalam kurikulum 2013 revisi Kelas X menjadi dasar pengembangan buku Biologi Kelas X SMA/MA teridentifikasi 14 kegiatan yang mencerminkan keterampilan berpikir kritis dan Indikator berpikir kritis adalah 5 indikator yaitu eksplanasi, interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi.

Kata Kunci: Buku ajar, Ktererampilan Berpikir kritis, Biologi

Abstract

One that supports the development of learning in the 21st century is the availability of textbooks that support students. This research aims to identify activities that reflect students' critical thinking skills and indicators of students' critical thinking skills that exist in class X Biology textbooks. The method in this study is a descriptive study that is research that provides exposure to the data obtained by activities that train students' critical thinking . The targets in this study are teaching materials developed by Biology writers / teachers in class X SMA / MA by applying the 2013 curriculum. Researching stage 1) conducting an analysis of Basic Competencies, indicators, and objectives; 2) identify activities undertaken by students in books; 3) identify these activities in the category of critical thinking skills; 4) propose critical thinking skills activities according to Basic Competencies that are not yet in the book. Data in the form of critical thinking activities and the number of critical thinking indicators were analyzed using descriptive methods. From 18 Basic Competencies and 9 materials in the 2013 revised Class X curriculum to be the basis for the development of Class X Biology books SMA / MA identified 14 activities that reflect critical thinking skills and critical thinking indicators are 5 indicators namely explanation, interpretation, analysis, evaluation and inference .

Keywords: Textbooks, Critical Thinking Skills, Biology

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-05

Issue

Section

Articles
Abstract views: 246 , PDF Downloads: 241

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>